Sebutkan isi dari perjanjian hudaibiyah!

Sebutkan isi dari perjanjian hudaibiyah!

Jawaban:
Isi dari Perjanjian Hudaibiyah adalah

Pihak Nabi Muhammad Saw dan pihak Quraisy sepakat mengadakan gencatan senjata selama 10 tahun.
Setiap orang diberi kebebasan bergabung dan mengadakan perjanjian dengan Nabi Muhammad Saw, atau dengan Kaum Quraisy.
Kaum Quraisy yang berpihak kepada Nabi Muhammad Saw tanpa izin dari walinya harus dikembalikan. Sedangkan jika pengikut Muhammad bergabung dengan Quraisy tidak dikembalikan.
Pada tahun ini (6 H/628 M) Nabi Muhammad Saw harus kembali ke Madinah. Tetapi pada tahun berikutnya, Nabi Muhammad Saw dan pengikutnya diizinkan menjalankan ibadah haji, dengan syarat menetap di Makkah selama tiga hari dan dilarang membawa senjata.
Penjelasan:
Perjanjian Hudaibiyah adalah perjanjian antara pihak Nabi Muhammad Saw dengan kaum Quraisy pada 6 H/628 M ketika Nabi Muhammad ingin melaksanakan ibadah haji ke Makkah setelah Perang Khandak.

Perjanjian ini ditulis oleh Ali bin Abi Thalib dan disusun oleh Suhail bin Amr, Mikraz bin al-Hafs dan Hawatib bin Abdul Azza (kaum Quraisy) dan Nabi Muhammad Saw.

Pada saat penulisan perjanjian, Suhail menolak mencatumkan Bismillaahirrahmanirrahiim. Dan sebagai gantinya mengusulkan Bismika Allahumma (atas nama ya Allah). Ia juga menolak mencantumkan Muhammad Rasulullah, tetapi diganti dengan Muhammad bin Abdullah. Kedua usul tersebut diterima Nabi, meski para sahabatnya menentangnya.