Alasan Kenapa VPN Sekarang lebih penting dari sebelumnya

Jaringan pribadi virtual (VPN) telah ada selama bertahun-tahun sekarang. Mereka sangat terjangkau. Perusahaan seperti Surfshark mengenakan biaya hanya £ 1,90 per bulan untuk paket 2 tahun, dan Anda bisa mendapatkan uji coba Surfshark gratis.

Namun, beberapa orang masih tidak yakin mengapa mereka membutuhkan VPN atau berpikir mereka hanya digunakan untuk aktivitas yang meragukan.

Namun, ada banyak alasan bagus untuk menggunakan VPN, dan dalam beberapa minggu terakhir ini menjadi lebih penting dari sebelumnya.
VPN mengirimkan data Anda melalui koneksi terenkripsi, menggunakan server jarak jauh untuk menutupi alamat IP Anda. Proses ini mencegah peretas, perusahaan yang ingin tahu, dan bahkan penyedia Internet Anda untuk melihat aktivitas Internet Anda, data apa pun yang Anda kirim/terima, lokasi Anda, dan perangkat yang Anda gunakan. Bayangkan VPN sebagai terowongan pribadi yang membawa data Anda ke tujuannya tanpa ada yang bisa melihat ke dalamnya.

Biasanya ketika Anda mengirim lalu lintas dari komputer Anda, Anda terhubung ke server yang dimiliki oleh ISP Anda, yang merupakan perusahaan yang Anda bayar untuk akses Internet. ISP Anda kemudian menghubungkan Anda ke situs web yang ingin Anda jangkau.

VPN memungkinkan Anda untuk melewati ISP Anda dengan membuat semacam jalan memutar. Sebelum data Anda mencapai server ISP Anda, data tersebut terlebih dahulu dirutekan melalui server jarak jauh yang dimiliki oleh VPN Anda dan diamankan dengan enkripsi tingkat militer.

Hasil akhirnya? Tidak seorang pun yang memperhatikan aktivitas Internet Anda dapat melihat apa yang Anda lakukan atau di mana Anda berada. Menggunakan VPN berarti anonimitas lengkap secara online. Saat Anda melakukan pembelian, nomor kartu kredit Anda terlindungi sepenuhnya. Jika Anda mengirim dokumen rahasia, tidak ada yang bisa mencegat atau membukanya.

Bahkan ISP Anda sendiri tidak dapat melihat apa yang Anda lakukan. Jika Anda tidak ingin data pribadi Anda dijual atau riwayat penelusuran Anda dilacak, VPN dapat membuat perbedaan besar pada ketenangan pikiran Anda.

VPN juga memungkinkan Anda mengakses situs web dan konten dari seluruh dunia. Itu berarti Anda bisa mendapatkan akses ke acara, film, atau olahraga yang tersedia di negara lain tetapi tidak di negara asal Anda. Atau jika Anda sering bepergian, VPN memudahkan Anda untuk menggunakan situs dan media sosial favorit Anda, bahkan jika Anda berada di negara di mana Internet sangat disensor.

Alasan Politik / Kebebasan Berbicara / Alasan Sensor

Melewati Sensor

Dengan peristiwa global saat ini, kebutuhan akan VPN telah disorot, dan bagi sebagian orang, itu adalah layanan penting.

Rusia saat ini sedang melakukan kampanye propaganda dan membatasi akses ke berita untuk penduduknya. Banyak orang di Rusia secara naif akan berpikir bahwa situasi saat ini di Ukraina dapat dibenarkan. Dalam banyak skenario, menggunakan VPN akan menjadi satu-satunya cara bagi orang Rusia untuk mengakses berita di seluruh dunia, yang memberikan pandangan yang lebih seimbang tentang situasi saat ini.

Konflik ini dan cara Rusia mengendalikan warganya juga menyoroti betapa mengejutkannya pemerintah Inggris yang ingin melarang enkripsi ujung ke ujung dalam aplikasi komunikasi.

Menyembunyikan Identitas Anda

Ada berbagai alasan mengapa Anda mungkin ingin menyembunyikan identitas Anda, beberapa lebih jahat daripada yang lain, tetapi ada banyak alasan yang sah.

Pelapor, baik di tingkat korporat maupun politik, jelas ingin menyembunyikan identitasnya.

Dengan menghindari mengekspos alamat IP pribadi Anda, Anda juga dapat membatasi risiko peretasan dan pengawasan elektronik.

Sekali lagi, kebutuhan untuk dapat menyembunyikan identitas Anda telah disorot selama konflik Rusia ini. Siapa pun yang menentang perang di Rusia tidak boleh mengekspos IP mereka secara online.

Alasan Umum

Keamanan di WiFi Publik

Pindah ke masalah rata-rata pengguna harus khawatir tentang.

WiFi publik sangat berguna, memberi kami akses gratis ke data saat bepergian. Namun, Anda tidak akan pernah bisa memastikan secara pasti siapa yang menyediakan data gratis dan bagaimana mereka dapat memantau data Anda. Anda harus selalu berhati-hati saat masuk ke situs web aman apa pun seperti perbankan atau apa pun yang dapat mengekspos detail pribadi Anda.

Menggunakan VPN akan menyembunyikan identitas dan data transfer Anda melalui jaringan.

Melewati atau mengakses konten khusus wilayah

Seperti sensor, Anda mungkin ingin mengakses konten yang diblokir wilayah. Ini bisa sesederhana mengakses wilayah Netflix yang berbeda atau melihat harga di situs web untuk wilayah yang berbeda.

Banyak negara (Cina, misalnya) memblokir situs web dan layanan online tertentu. Baik bepergian untuk bisnis atau liburan, Anda mungkin tidak selalu dapat mengakses situs yang Anda gunakan secara rutin di rumah. Di banyak negara, Anda bahkan tidak dapat masuk ke situs media sosial untuk melihat bagaimana keadaan teman Anda saat Anda pergi.

VPN menyediakan jalan keluar dari masalah ini dengan menyediakan ratusan – jika bukan ribuan – server jarak jauh untuk Anda sambungkan. Dengan mengklik tombol, Anda dapat mengakses Internet seolah-olah Anda secara fisik berada di negara mana pun di dunia.

Mengakses ISP dan situs web yang diblokir jaringan

Beberapa ISP, perusahaan telepon seluler, dan banyak perusahaan akan membatasi akses ke konten tertentu. Yang paling jelas adalah seluler

Mengakses harga khusus wilayah

Mengulangi poin yang saya buat dalam konten khusus wilayah. Banyak situs memiliki harga berbeda berdasarkan lokasi Anda, dan beberapa situs mungkin mencegah Anda mendaftar berdasarkan lokasi.

Konten digital dan layanan online biasanya yang besar yang memiliki harga variabel berdasarkan lokasi.

Mencegah pelacakan

Saya mungkin harus mendaftarkan ini lebih dekat ke atas. Perusahaan besar secara invasif melacak kebiasaan Anda, Google, Facebook, dan Amazon menyimpan sejumlah besar data yang mengkhawatirkan tentang Anda.

Anda mungkin ingin mencegah pelacakan ini karena masalah privasi, tetapi Anda mungkin juga mencoba menyelesaikan sesuatu secara online yang tidak ingin dilacak oleh cookie. Saya secara teratur menggunakan ini untuk mesin pencari untuk menghindari data yang dilokalkan atau hasil yang dipersonalisasi.

Menghindari konten yang ditargetkan

Menghindari konten yang ditargetkan pada dasarnya sama dengan mencegah pelacakan, tetapi perlu disorot karena bisa sangat mengganggu dan juga menyeramkan. Saya tidak terlalu menghargai melakukan satu pencarian produk kemudian di-spam oleh iklan di mana-mana untuk produk yang sama.

Melindungi Perangkat Seluler Anda

Banyak orang lebih peduli tentang keamanan ponsel cerdas dan perangkat seluler lainnya daripada komputer di rumah. Lagi pula, Anda tunduk pada keamanan (atau ketiadaan) dari setiap jaringan WiFi yang Anda sambungkan. Selain itu, beberapa orang mungkin memiliki kekhawatiran tentang intelijen pemerintah atau lembaga penegak hukum yang mengakses data ponsel cerdas mereka.

Setiap VPN yang kami rekomendasikan memiliki aplikasi yang ramah pengguna untuk hampir semua perangkat seluler, membuat Anda tetap terlindungi, apa pun cara Anda memilih untuk menggunakan Internet.

Originally posted 2022-12-20 11:04:18.