Buatlah Kesimpulan dari Cerita Imam Syafi’i?

Buatlah Kesimpulan dari Cerita Imam Syafi’i?

Dikarenakan tidak dijelaskan cerita tentang Imam Syafi’i pada peristiwa apa, maka kali ini akan kita bahas sejarah singkat dari Imam Syafi’i Rahimahullah sebagai berikut:

Imam Syafi’i merupakan salah satu imam Mazhab dari 4 mazhab yang terkenal.
Imam Syafi’i memiliki nama lengkap Abu Abdillah Muhammad bin Idris bin Al Abbas bin Utsman bin Syafi.
Secara Nasab Imam Syafi’i bertemu memiliki silsilah Hasyim bin Al Muthollib bin Abdu Manaf dimana Abdul manaf merupakan kake moyang dari Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.
Imam Syafi’i lahir di Ghaza pada tahun 150 Hijriyah dalam keadaan yatim, sehingga yang membesarkannya adalah sang Ibunda tercinta.
Pembahasan

Imam Syafi’i Rahimahullah merupakan salah satu dari Imam 4 mazhab yang diakui oleh umat muslim. Beliau belajar di Masjidil haram untuk menghafal Al Quran, dan dapat menghafal seluruh isi Al Quran pada usia 7 tahun. Kemudian pada usia 10 tahun beliau menghafal isi kitab AL Muwatho karya Imam Malik sebelum akhirnya bertemu di madinah pada usia 12 tahun. Imam Malik sangat terkesan dengan kecerdasan Imam Syafi’i dan akhirnya pada usia 15 tahun Imam Malik membolehkan Imam Syafi’i untuk berfatwa. Beliau juga belajar kepada suku Hudzail yang telah terkenal kefasihan dan kemurnian bahasanya, serta syair-syair mereka. Sehingga Imam Syafi’i juga terkenal sebagai Ulama yang Ahli berbahasa arab. Murid-murid Imam Syafi’i dan yang menyebarkan ilmu beliau amat banyak, namun yang menonjol dalam mazhab beliau seperti Al Muzanniy, Al Buyuthiy, Ar Robi’ bin Sulaiman Al Marodiy, periwayat kitab Al Umm dan masih banyak lagi.

Demikian, semoga membantu!