10 Aplikasi Pesan Pribadi Aman Terbaik Untuk Anda Ketahui

Aplikasi perpesanan memberi Anda cara baru untuk terhubung dan berkomunikasi dengan teknologi, di sana privasi dan keamanan berfungsi tanpa opsi untuk meretas.

Ya! saat ini sebagian besar platform obrolan menawarkan keamanan enkripsi kelas atas atas percakapan dan data penggunanya, tetapi Anda masih dapat menemukan beberapa aplikasi populer seperti Instagram, Facebook, dengan celah yang mengungkapkan keamanan ini.

Setiap aplikasi harus dengan serangkaian fitur dalam daftar saat ini, tetapi untuk menonjol di pasar, sangat penting untuk menggunakan fitur kunci eksklusif sebagian besar dengan keamanan.

10 Aplikasi Pesan Pribadi Aman Terbaik di 2022

Nah, ada banyak kemungkinan yang tersedia dengan opsi untuk dipilih saat memilih platform obrolan aman terbaik yang menekankan privasi di atas data.

Oleh karena itu, daftar di bawah ini telah dibuat tentang aplikasi perpesanan aman teratas untuk memberi Anda ide yang jelas dalam hal enkripsi ujung ke ujung, dukungan beberapa platform, dan komunikasi multi-mode, dengan fitur tambahan tertentu.

Sekarang, mari masuk ke penelitian tentang aplikasi perpesanan pribadi paling aman terbaik saat ini

1. Signal

Terdaftar di antara aplikasi perpesanan paling aman terbaik tahun 2022, ada jutaan orang tepercaya yang menggunakan Signal untuk komunikasi gratis, instan, dan terenkripsi yang cukup mudah digunakan. Pesan aman dengan teknologi pelestarian privasi, sehingga memastikan menghindari risiko kebocoran momen berbagi atau mengirim pesan ke penerima yang tidak dimaksudkan. Itu menggunakan enkripsi ujung ke ujung yang canggih untuk mengamankan semua data.

Karena ini adalah sumber terbuka, ia dengan bebas memeriksa kode aplikasi untuk keamanannya. Tetapi ada beberapa fitur lain termasuk obrolan grup, panggilan suara terenkripsi, fungsi arsip, dan transfer media, yang tidak memerlukan kode PIN atau kredensial lainnya.

Fitur

  1. Pesan yang merusak diri sendiri
  2. Protokol sumber terbuka
  3. Menggunakan koneksi jaringan data ponsel untuk biaya SMS dan MSS
  4. Stiker terenkripsi
  5. Obrolan grup
  6. Layanan media

Platform yang Kompatibel: Android, iOS, iPasOS, Linux, Windows, macOS

Jumlah Pengguna: Signal sebagian besar tidak mempublikasikan daftar pengguna mereka, tetapi sesuai dengan Google Play Store Android, Signal telah diunduh oleh sekitar 1 hingga 5 juta orang.

2. iMessage

iMessage adalah salah satu aplikasi perpesanan obrolan paling pribadi ketika datang ke pengguna iPhone sebagian besar karena sifat enkripsi ujung ke ujungnya. Selain itu, memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol penuh atas konsep berapa lama pesan harus disimpan dan berapa kali penerima dapat melihatnya. Ini terdengar sangat aneh, tetapi ini adalah salah satu alasan utama di balik keamanan data pengguna.

Namun, tetap saja, karena setiap aplikasi perpesanan obrolan pribadi memiliki beberapa hal negatif yang harus dihadapi – bahkan pengguna iPhone memiliki keluhan ketika datang ke opsi pencadangan cloud. Di sini, data yang disimpan di cloud dienkripsi oleh Apple, pengontrol kunci, jadi jika iCloud pernah diretas, ada kemungkinan pesan dapat terungkap dengan mudah.

Fitur

  1. Blokir dan buka blokir nomor kontak
  2. Tinggalkan obrolan grup dan berikan notifikasi bisu
  3. iCloud untuk iMessages cadangan
  4. Akses untuk menyesuaikan pengaturan iMessage
  5. Akses internet alih-alih jaringan telepon saat berkomunikasi dengan pengguna iOS atau maOS lainnya
  6. Memiliki kontrol penuh atas “Baca Tanda Terima”
  7. Memungkinkan penyesuaian profil/kepribadian pesan dengan GIF, Memoji, dan animasi

Platform yang Kompatibel: iOS dan macOS

Biaya: Gratis

Jumlah pengguna: 1,3 miliar

3. Telegram

Telegram terkenal sebagai penyedia keamanan terbaik yang tidak pernah memberikan akses ke data Anda ke pihak ketiga mana pun. Jaringan pusat datanya yang unik sangat dipertimbangkan untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia. Di sini, sistem bekerja seperti ketika pengguna mengakses fungsi “obrolan rahasia”, pesan secara otomatis dihancurkan sendiri di semua perangkat yang terhubung.

Selain itu, ini memungkinkan Anda untuk mengatur opsi untuk menghancurkan akun Anda sendiri jika diperlukan, setelah durasi waktu yang ditentukan. Telegram memungkinkan Anda untuk menyinkronkan pesan Anda di berbagai perangkat secara bersamaan. Aplikasi ini dilengkapi dengan semua fitur yang diinginkan serta penting yang diperoleh setiap pengguna.

Fitur

  1. Opsi penghancuran diri untuk pesan pribadi
  2. Buka API dan protokol
  3. Tidak ada ukuran file yang ditentukan untuk media dan obrolan
  4. Tersedia dengan server terdistribusi secara global untuk keamanan dan kecepatan
  5. Mampu berkolaborasi dengan grup lebih dari 2,00,000 anggota
  6. Pesan dapat dihancurkan pada durasi waktu yang ditentukan sesuai pilihan pengguna
  7. Aktifkan untuk mengirim semua jenis dokumen

Platform yang kompatibel: iOS, Android, Mac, Linux, PC

Biaya: Gratis tanpa iklan

Jumlah pengguna: Lebih dari 200 juta

4. Wire

Wire adalah aplikasi perpesanan lain yang telah menetapkan target utamanya sebagai enkripsi ujung-ke-ujung, dan menjadikannya default untuk melindungi data pengguna mereka seperti pesan, gambar, dokumen, dll. Karena, kawat selalu aktif dan bekerja secara transparan di latar belakang, itu tidak perlu diaktifkan. Selain itu, di sini kunci enkripsi baru digunakan untuk setiap pesan yang mengurangi efek dari satu kunci yang disusupi.

Wire adalah platform sumber terbuka sehingga kode sumbernya tersedia bagi pengguna untuk dievaluasi, diperiksa, dan ditingkatkan melalui GitHub. Wire sangat memperhatikan data dan dengan demikian, Wire tidak menjual analitik atau data penggunaan penggunanya kepada pihak ketiga mana pun.

Fitur

  1. Konferensi
  2. Sumber terbuka lengkap
  3. Berbagi file dengan mudah
  4. Obrolan grup
  5. Percakapan berjangka waktu

Platform yang kompatibel: iOS, Android, Windows, macOS, Linux, dan browser web

Biaya: Versi gratis tersedia untuk penggunaan pribadi dan opsi berbayar tersedia untuk organisasi dan perusahaan besar tanpa iklan

Jumlah pengguna: Ratusan ribu, pengguna aktif harian

5. Threema

Threema dengan lebih dari satu juta unduhan bekerja berdasarkan prinsip pengendalian metadata yang dipandu. Ini telah dianggap sebagai aplikasi perpesanan aman sumber terbuka paling tepercaya untuk aplikasi seluler dan web.

Server Threema menghapus pesan secara permanen setelah dikirimkan ke penerima. Namun, informasi yang sebagian besar dikelola di server secara otomatis juga dikelola secara lokal di perangkat pengguna. Ini menyiratkan perlindungan terhadap penyadapan atas semua jenis percakapan.

Dengan desain Threema, hanya memungkinkan penerima yang dituju untuk membaca pesan. Karena Threema adalah open source, memungkinkan pengguna untuk memeriksa kebenaran enkripsi, dan untuk ini Anda tidak perlu memberikan email atau nomor telepon untuk melakukan proses pendaftaran untuk tujuan keamanan.

Fitur

  1. Mengevaluasi kontak melalui kode QR
  2. Sembunyikan obrolan rahasia dengan perlindungan kata sandi
  3. Memungkinkan untuk mengobrol secara anonim
  4. Dapat membuat daftar distribusi
  5. Buat polling

Platform yang kompatibel: iOS, Android, dan aplikasi web

Biaya: $2,99

Jumlah pengguna: 4,5 juta

6. WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi obrolan aman terbaik yang paling trending dan populer untuk teks dan suara. Ini adalah platform yang gratis untuk digunakan di mana Anda dapat mengirim pesan, melakukan panggilan suara, dan juga menyelenggarakan panggilan video di seluler maupun desktop.

WhatsApp adalah platform obrolan pertama yang memungkinkan akses enkripsi ujung ke ujung kepada penggunanya untuk komunikasi yang lebih aman. Dalam hal penyimpanan dreover, WhatsApp tidak memiliki kunci untuk melihat pesan terenkripsi.

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk menghapus percakapan mereka dari cadangan cloud mereka. Namun, bergantung pada perusahaan teknologi besar dianggap sebagai salah satu kelemahan utama yang dimiliki WhatsApp, yang harus diperhatikan dalam hal langkah-langkah keamanan.

Fitur

  1. Bagikan pesan, gambar, video dengan hingga 256 pengguna sekaligus
  2. Dapat melakukan panggilan video gratis melalui koneksi internet
  3. Akses mudah ke kamera internal

Platform yang kompatibel: iOS, Android, dan aplikasi web

Biaya: Gratis

Jumlah pengguna: 1,5 miliar

7. Wickr Me

Wickr adalah salah satu aplikasi perpesanan aman paling populer yang telah diakui dalam hal privasi. Aplikasi perpesanan ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara instan satu sama lain melalui percakapan teks satu-ke-satu atau dalam grup yang memastikan enkripsi pesan teks, pesan suara, dan memo.

Wickr tidak meminta informasi pribadi apa pun seperti nomor telepon atau alamat email selama proses pendaftaran, semuanya memiliki keamanan dalam akun. Ini dianggap sebagai alat kolaborasi alih-alih aplikasi perpesanan obrolan pribadi terutama karena kemampuannya untuk berbagi layar, status online, lokasi, dll.

Selain itu, di sini enkripsi data dilakukan secara default dan laporan transparansi telah tersedia untuk semua orang yang menggunakan Wickr. Ini adalah aplikasi perpesanan aman terbaik yang menggunakan Perfect Forward Secrecy (PFS) dengan dukungan Otentikasi Dua Faktor (2FA).

Fitur

  1. Pesan teks yang merusak diri sendiri
  2. Lakukan pencarian di semua file dan pesan
  3. Berbagi gambar, video/file suara dengan aman
  4. Bagikan layar dan lokasi dengan aman
  5. Retensi hingga 30 hari
  6. Mengizinkan API untuk berintegrasi dengan aplikasi internal

Platform yang kompatibel: Aplikasi Seluler dan Web

Biaya :

  • Paket dasar – Gratis
  • Perak – $4,99
  • Emas – $9,99
  • Platina – $25

Jumlah pengguna: Nihil

8. Viber

Viber lebih dari sekadar perpesanan, ia memiliki berbagai fitur panggilan dan perpesanan, dan Anda memiliki opsi tanpa akhir dalam hal mengekspresikan kata-kata Anda melalui stiker, emoji, dan GIF, dll. Ini adalah aplikasi panggilan dan perpesanan gratis dan aman yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan siapa saja, di mana saja tanpa downtime.

Viber memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video dalam grup mereka terlepas dari ukurannya. Sejauh menyangkut keamanan, Viber menyediakan ruang aman dengan obrolan suara dan video yang sepenuhnya terenkripsi di ponsel serta desktop selama Anda mengikuti proses berbagi yang sempurna.

Salah satu fitur unik Viber adalah memungkinkan setiap obrolan dengan warna terpisah berdasarkan tingkat enkripsi saat ini. Contohnya

  • Warna hijau menunjukkan bahwa obrolan telah dienkripsi dan kontak yang Anda coba hubungi adalah yang tepercaya
  • Warna abu-abu menentukan bahwa obrolan dienkripsi tetapi kontak yang Anda cari tidak berada di bawah kriteria tepercaya.
  • Warna merah menunjukkan potensi masalah atau masalah dengan otentikasi kontak.

Fitur

  1. Akses untuk menghapus pesan yang terlihat
  2. Interaksi suara/video satu-ke-satu atau grup
  3. Obrolan satu lawan satu atau grup dengan pengguna tak terbatas
  4. Panggilan video berkualitas tinggi
  5. Akses ke stiker, GIF, dan emoji

Platform yang kompatibel: Aplikasi Seluler dan Web

Biaya: Gratis

Jumlah pengguna: Lebih dari 1+ miliar

9. Silence

Silence adalah program obrolan aman terbaik yang memudahkan dan memastikan fitur SMS/MMS aman. Hal ini agar Anda dapat menggunakan kedua fitur tersebut meskipun tidak terhubung melalui internet. Keheningan dipantau secara teratur terutama berkaitan dengan keamanan di mana kode dikunci dan dibuat tidak tersedia untuk pihak ketiga atau lembaga pemerintah mana pun.

Selain itu, di sini dengan Silence Anda tidak perlu mendaftar dengan kredensial login terkait keamanan. Karena ini adalah sumber terbuka, siapa pun dapat memeriksa kode untuk kesalahan dan masalah terkait lainnya.

Fitur

  1. Sumber Terbuka
  2. Pesan dapat dienkripsi secara lokal
  3. Tidak perlu koneksi internet
  4. Hindari akses ke tangkapan layar percakapan

Platform yang Kompatibel: Web dan Aplikasi Seluler

Biaya: Gratis

Jumlah Pengguna : NIL

10. Line

Line adalah aplikasi perpesanan aman terbaik yang telah memproyeksikan dirinya berada di tingkat komunikasi yang baru, sebagian besar karena berbeda dalam infrastruktur. Line adalah aplikasi perpesanan aman gratis dan terbaik yang tersedia untuk berbagai perangkat smartphone dan desktop.

Line didirikan oleh tim insinyur Jepang sebagian besar sebagai cara untuk berkomunikasi setelah gempa bumi Tohoku pada tahun 2011. Segera setelah aplikasi perpesanan ini dibuat, Line menambahkan enkripsi ujung ke ujung dan meningkatkan privasi reguler dan menamai fitur tersebut sebagai “Penyegelan Surat.” Fitur ini dapat diakses oleh semua orang tetapi Anda harus mengaktifkan mode secara manual untuk mendapatkan manfaatnya.

Fitur

  1. Akses ke lebih dari 10.000 stiker yang mencakup karakter dan orang terkenal
  2. Memungkinkan Anda menambahkan teman baru dengan opsi “Shake It!”

Platform yang Kompatibel: iOS, Android dan Aplikasi Web

Biaya: Gratis

Jumlah pengguna: Lebih dari 700 juta

Karena setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, cukup rumit untuk menjawab pertanyaan tentang mana yang terbaik, tetapi tetap dengan detail di atas kita dapat memiliki visi tentang aplikasi obrolan aman yang paling kompatibel dan terbaik saat ini. pasar.

Mari Menganalisis – Apa Aplikasi Perpesanan Paling Aman?

Setelah analisis dan perbandingan terperinci atas beberapa aplikasi perpesanan aman teratas, saya yakin Signal, platform sumber terbuka bisa menjadi yang paling aman. Ini karena mereka didanai dan dipelihara melalui sumbangan dan mendapatkan uang perusahaan yang bergantung pada data pengguna.

Selain itu, sejak dibentuk oleh grup Open Whisper Systems, telah didukung dan dipelihara oleh para ahli top untuk langkah-langkah privasi dan keamanan. Di mana data Signals telah ditinjau oleh para ahli keamanan dan kriptografer yang terkenal.

Namun, aplikasi perpesanan obrolan pribadi lainnya seperti Wire, iMessaging, Threem, dll., Juga mengintegrasikan protokol perpesanan untuk memastikan keamanan tetapi, dengan sinyal, keamanannya dianggap ekstrem seperti halnya dengan platform open source.

Originally posted 2022-12-16 14:24:23.