Bagaimana tanggapan kaum Ansar terhadap kedatangan kaum Muhajirin?

1. Bagaimana tanggapan kaum Ansar terhadap kedatangan kaum Muhajirin?
2. Bagaimana tanggapanmu tentang dakwah nabi di Madinah?

1. Para penduduk Madinah atau kaum Ansar menyambut kedatangan Nabi Muhammad Saw. dengan sangat baik.

2. Dakwah Nabi Muhammad Saw. di Madinah memberikan hasil yang sangat baik, kaum Madinah menerima ajaran Islam dengan lapang dada.

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Pembahasan

Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar As-Siddiq sampai di Madinah tanggal 12 Rabiul Awal. Kedatangan beliau sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Madinah. Masyarakat Madinah menunggu di jalan yang akan dilewati oleh Nabi Muhammad Saw. dan Abu Bakar. Masyarakat Madinah membawa regu genderang untuk menyambut kedatangan Nabi Muhammad Saw. Suara genderang pun bergemuruh diselingi dengan nyanyian. Syair penyambutan Nabi Muhammad Saw. adalah “Bulan purnama telah muncul di tengah-tengah kita, dari celah-celah bebukitan, dari celah-celah bebukitan. Wajiblah kita bersyukur atas ajakannya kepada Allah Swt. Wahai orang yang dibangkitkan untuk kami, kau datang membawa sesuatu yang wajib ditaati.”

Setelah sampai di Madinah, langkah pertama yang dilakukan adalah membangun masjid. Masjid yang dibangun berdinding bata, berkayu batang kurma, dan beratap daun kurma. Langkah kedua adalah mempersaudarakan kaum Muhajirin dan kamu Ansar. Orang Ansar mengakui orang Muhajirin adalah saudara mereka. Kaum Ansar mempersilahkan saudaranya tinggal di rumah mereka. Langkah selanjutnya adalah merumuskan piagam Madinah. Piagam Madinah ini berlaku kepada seluruh umat muslimin dan orang nonmuslim yang berada di Madinah.