H-1 atau H-2 artinya apa?

H-1 atau H-2 artinya apa?

H-1 artinya adalah satu hari sebelum hari yang direncanakan atau satu hari sebelum hari tertentu.
H-2 artinya adalah dua hari sebelum hari yang direncanakan atau dua hari sebelum hari tertentu.
Pembahasan
Istilah H-1 atau H-2 merupakan penyebutan cara hitung mundur terhadap suatu hari yang telah direncanakan atau suatu hari tertentu. Sedangkan istilah ‘hari-H’ menyatakan suatu hari yang telah direncanakan atau tepat pada hari tersebut. Selanjutnya, ada juga istilah H+1 atau H+2 untuk menyatakan satu atau dua hari sesudah hari tertentu.

Perhatikan contoh-contoh di bawah ini:

Hari raya Idul Fitri di Indonesia jatuh pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2019. Para pemudik telah tiba di kampung halaman masing-masing sejak H-2 lebaran yaitu hari Senin tanggal 3 Juni 2019.
Tanggal pengumuman hasil SBMPTN tahun ini telah diumumkan oleh pemerintah dan umumnya pada H-1 dari tanggal tersebut sudah terjadi lonjakan kunjungan laman SBMPTN online.
Suasana jalan-jalan protokol di ibukota pada H+1 lebaran masih terasa lengang dan lancar karena banyak warga yang masih berada di luar Jakarta.
Dalam istilah militer, H-1 pernah populer digunakan selama Perang Dunia II untuk hari di mana operasi militer akan dimulai. Bukan hanya perencanaan hitung mundur mengenai hari operasi, di militer juga disiapkan hitung mundur jam operasi. Jadi secara militer ada istilah ‘D-Day’ atau H-Hour’. Hal ini sangat penting untuk menjaga kerahasiaan.

Salah satu peristiwa ‘D-Day’ (atau hari-H) yang paling terkenal selama Perang Dunia II terjadi pada 6 Juni 1944 sebagai hari pendaratan Normandia, di mana pihak tentara Sekutu berupaya untuk membebaskan Eropa barat dari Nazi Jerman.