Apa peran anggota bpupki dalam perumusan dasar negara?​

Apa peran anggota bpupki dalam perumusan dasar negara?​

Peran anggota BPUPKI dalam perumusan dasar negara yakni dengan memberikan usulan mengenai dasar negara Indonesia merdeka yaitu Pancasila, memberi nama dasar negara, dan menyusun kata-kata yang nantinya akan digunakan untuk memproklamirkan bahwa Indonesia telah merdeka seutuhnya.

Pembahasan
BPUPKI kepanjangan dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang saat itu dibentuk oleh Jepang dan dikepalai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung Radjiman Wedyodiningrat.

Awal dibentuknya organisasi ini adalah janji Jepang untuk membantu memfasilitasi kemerdekaan Indonesia dari belenggu kolonial Belanda. Namun kenyataannya yang terjadi adalah sama saja, Indonesia lagi-lagi dimanfaatkan militer Jepang untuk diambil sumber dayanya mulai dari alam hingga manusia demi kemakmuran dan kepentingan Jepang sendiri.

Akan tetapi dengan dibentuknya organisasi-organisasi ini malah memudahkan para pejuang pergerakan nasional untuk menyusun serta mempersiapkan kemerdekaan Indonesia sehingga terumuskanlah bibit-bibit awal dasar negara Indonesia yang dikemukakan tiga anggota BPUPKI yaitu Mohammad Yamin, Soekarno, dan Soepomo.

Dalam sidang pertama BPUPKI, Mohammad Yamin mengusulkan secara lisan tentang lima dasar negara Indonesia merdeka. Usulan Muhammad Yamin tentang dasar negara Indonesia yaitu:

Peri Kebangsaan.
Peri Kemanusiaan.
Peri Ketuhanan.
Peri Kerakyatan.
Kesejahteraan Rakyat.
Dari rumusan Mohammad Yamin tersebut nantinya lahirlah ide-ide dan gagasan-gagasan lanjutan yang dikembangkan dari kelima poin tersebut.