Cara Menerapkan Efek Blur Potret Ke Semua Foto Secara Gratis

Ingin tahu cara menambahkan efek latar belakang buram ke foto ponsel cerdas Anda tanpa menggunakan kamera mewah? Anda dapat melakukannya dengan smartphone apa pun selama Anda mengetahui beberapa trik.

Dalam posting ini saya membagikan bagaimana mencapai pemburaman foto profesional di latar belakang foto Anda tanpa menggunakan kamera DSLR – semuanya ada di ponsel cerdas Anda secara gratis!

Seperti banyak pembaca saya, saya ingin menjadi cerdas dengan kamera mewah. Saya perlahan belajar beberapa hal dengan kamera DSLR saya yang jarang digunakan. Ya saya punya beberapa dari mereka (diperoleh selama bertahun-tahun) dan ya saya sedikit malu mereka jarang pindah dari mobil. Gan!

Saya berharap untuk segera mengubahnya dengan kursus fotografi yang saya lakukan tetapi sementara itu saya ingin mencari jalan pintas untuk mengambil foto yang lebih terlihat profesional dengan smartphone saya. Lagi pula, itu yang biasanya saya bawa, terutama saat bepergian.

Baru-baru ini saya menemukan cara yang brilian untuk menambahkan efek blur ke foto dan itu tersedia untuk semua orang, apa pun jenis kamera yang Anda miliki. Saya menyadari bahwa banyak dari Anda juga tidak tahu trik ini, jadi saya pikir, mengapa tidak merangkumnya menjadi sebuah posting dengan beberapa tips dan trik lain untuk mendapatkan efek latar belakang buram.

Mengapa menggunakan efek latar belakang buram pada foto atau video Anda?

Menciptakan efek blur profesional (atau kedalaman bidang yang dangkal) telah lama menjadi sesuatu yang dapat dicapai oleh fotografer dengan kamera DSLR yang mahal, tetapi tidak bagi kita yang memegang smartphone.

Sekarang ponsel kami telah berkembang dan begitu juga kamera ponsel kami dan kami dapat mencapai efek ini. Berikut ini contoh foto yang saya ambil di kilang anggur dengan iPhone saya:

Mampu mencapai efek latar belakang buram memiliki sejumlah manfaat:

  • ini membantu Anda mencapai tampilan yang lebih profesional untuk foto Anda.
  • Ini membantu untuk fokus pada subjek juga. Ini membantu mata untuk fokus pada bagian penting dari gambar.
  • Anda dapat mengurangi gangguan dari latar belakang yang sibuk atau berantakan, sehingga menghasilkan gambar yang lebih bersih dan berdampak.

Anda akan dapat menambahkan efek latar belakang buram yang terlihat profesional menggunakan setidaknya salah satu tips berikut, apa pun jenis ponsel yang Anda gunakan.

3 Teknik Efek Latar Belakang Buram yang Mudah untuk Foto dan Video Smartphone

1.  Gunakan Alat Fokus di Instagram Stories (meskipun Anda tidak bermaksud memposting ke Instagram)

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menggunakan Instagram untuk membuat dan mengedit foto dan video bahkan tanpa menyimpannya ke Instagram? Ya, ya, Anda bisa.

Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan mode “potret” pada ponsel yang tidak memiliki pengaturan potret sendiri.

Trik pertama ini saya temukan suatu hari ketika membuat posting untuk dibagikan ke Instagram Stories. Saya tahu saya dapat menggunakan alat “Fokus” untuk membuat efek buram, tetapi saya tidak tahu bahwa saya dapat menggunakannya untuk membuat foto dan video tanpa benar-benar mempostingnya ke Instagram – menyimpannya ke rol kamera saya.

Ini termasuk sebagian besar iPhone dan saya percaya setidaknya beberapa Android jadi pastikan Anda mengujinya di ponsel Anda. Dan tentu saja Anda harus memiliki Instagram di ponsel Anda.

Menggunakan Fokus untuk Mengambil Foto dengan Efek Latar Belakang Buram

Format Kamera Fokus adalah fitur kamera khusus dalam alat Cerita Instagram Anda di Instagram. Itu duduk di sebelah sekelompok efek kamera menyenangkan lainnya, termasuk alat-alat seperti Boomerang dan kamera mundur. Anda dapat melihatnya di bawah ini:

Ini dirancang khusus untuk mengambil foto atau video selfie – di mana fokus video adalah wajah seseorang. Anda tidak harus menggunakannya untuk Instagram saja! Inilah cara Anda dapat menggunakan fitur ini untuk foto dan video yang tidak ingin Anda posting ke Instagram:

1. Pilih ikon kamera di kiri atas Instagram untuk membuka Instagram Stories.

2. Buka pengaturan di bagian bawah dan geser ke kiri hingga Anda melihat Fokus dan pilih pengaturan itu. Fokus berada di sebelah Superzoom di bawah tombol rekam.

3. Sekarang ambil foto selfie di kamera depan atau belakang (dengan mengetuk tombol) ATAU ambil video selfie atau potret (dengan menahan tombol). Anda perlu mengatur posisi kamera untuk mendapatkan efek latar belakang buram. Segera setelah kamera menemukan seseorang, itu akan membuat orang tersebut tetap fokus dan menambahkan efek latar belakang buram ke seluruh gambar.

4. Pilih ikon Simpan di bagian atas layar (panah mengarah ke bawah) dan itu akan menyimpan foto ke rol kamera Anda. Anda kemudian dapat memilih apakah Anda akan memposting gambar ke Cerita Anda (bahkan menambahkan filter, stiker, atau teks ke foto atau video Anda sebelum dibagikan). Tapi Anda tidak harus melakukannya.

Ini contoh foto yang saya ambil dengan Focus, tapi tidak pernah diposting ke Instagram. Yang harus saya lakukan adalah menyimpannya ke rol kamera saya alih-alih membagikannya ke Instagram. Kemudian hapus saja dari aplikasi. Perhatikan efek latar belakang buram yang lembut? Alat ini jarang mengambil foto yang buruk!

Apakah Anda memilih untuk melanjutkan dan memposting ke Instagram Stories atau hanya menyimpan ke rol kamera Anda dan membatalkan aplikasi, bagaimanapun Anda akan mendapatkan foto yang disimpan di rol kamera Anda untuk digunakan nanti!

Catatan: Ini sedikit sulit untuk digunakan tanpa wajah tetapi bisa dilakukan – Anda hanya perlu bermain-main dengan fokus dan jarak.

Menggunakan Fokus untuk Mengambil Video dengan Efek Latar Blur

Inilah fitur yang sangat saya sukai dari Focus – menggunakannya untuk merekam video. Anda masih perlu menyertakan seseorang karena pada dasarnya ini adalah mode “potret”, tetapi fitur ini benar-benar meningkatkan video Anda untuk wawancara/pengambilan video cepat dan video selfie tatap muka.

Begini tampilannya di layar untuk mencapai fitur blur. Cukup tekan dan tahan Fokus dan itu akan mengambil video dengan efek latar belakang buram. Ini menambahkan efek keren ke Video Cerita Instagram Anda… atau simpan saja video untuk digunakan nanti.

Saya juga dapat mengambil video dan menyimpannya ke rol kamera saya tanpa mempostingnya sama sekali. Mungkin saya ingin menambahkan efek pada video yang akan saya gunakan nanti di situs lain seperti Facebook atau situs web saya.

Catatan: Fokus tersedia di iPhone SE, 6S, 6S+, 7, 7+, 8+ dan X serta perangkat Android tertentu.

2. Gunakan Ponsel Cerdas dengan Mode Potret

Saya beruntung memiliki mode Potret di iPhone 7 Plus saya, meskipun saya sering menggunakan kamera di Instagram Stories seperti yang diuraikan di atas. Itu tergantung pada apa yang saya gunakan saat itu!

Berikut snap cepat menggunakan Portrait Mode yang memberikan efek latar belakang blur instan:

Sekali lagi, ide dengan mode Potret adalah bahwa Anda fokus pada “seseorang”, namun saya dapat membuatnya bekerja dengan berfokus pada objek juga.. dan tentu saja hewan! Ini sebenarnya jauh lebih mudah digunakan pada objek daripada alat Fokus Instagram.

Anda bisa mendapatkan latar belakang buram dengan memfokuskan objek tanpa wajah jika Anda bermain-main dengan jarak dan titik fokus. Berikut ini contoh. Ini halus, tetapi blur masih ada:

Mode Potret iPhone

Sayangnya Apple hanya menyertakan mode Potret pada model “Plus” iPhone terbaru – iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Ini karena satu alasan sederhana:  Mode potret memerlukan ponsel memiliki kamera ganda, dan ini adalah satu-satunya model iPhone yang memilikinya.

Cari tahu lebih lanjut tentang mode Potret di sini untuk iPhone. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui:

  • Anda dapat mengambil selfie dalam mode Potret di iPhone X atau lebih baru (iPhone 7 Plus saya saat ini tidak melakukan ini, jadi saya menggunakan kamera Fokus Instagram jika saya perlu mengambil selfie).
  • Saat mengambil foto Portrait di iPhone, Anda cukup menggesek ke mode Portrait di kamera Anda. Kemudian menjauhlah dari subjek Anda jika aplikasi menyarankan Anda untuk melakukannya. Teks Efek Kedalaman akan menyala kuning saat Anda berada di posisi yang tepat. Ambil fotonya!
  • Anda mendapatkan efek ekstra di iPhone 8 Plus dan versi lebih baru serta iPhone X dan versi lebih baru. Ini termasuk efek pencahayaan kualitas studio seperti lampu Studio, Lampu kontur, Lampu panggung, dan Lampu Panggung Mono. Saatnya untuk peningkatan, menurut saya!

Mode Potret Android

Tentu saja ada model ponsel Android yang memiliki mode Potret juga. Ini termasuk:

  • Galaxy S9+ memiliki mode Fokus Langsung yang memungkinkan Anda tidak hanya menambahkan efek latar belakang buram ke foto, tetapi Anda juga dapat menggunakan penggeser untuk mengubah tingkat “buram” yang sangat praktis.
  • Ponsel cerdas Pixel 2 Google memungkinkan Anda menggunakan perangkat lunak untuk membuat efek kamera ganda. Anda cukup membuka kamera > ketuk menu > pilih opsi “potret” > ambil gambar Anda > ketuk gambar mini untuk memilih gambar yang baru saja Anda ambil > Google secara otomatis menambahkan efek latar belakang buram pada gambar.

Kabar baiknya adalah bahwa Google memiliki perangkat lunak “sumber terbuka” ini, jadi kita mungkin akan segera melihat ini diterapkan pada aplikasi kamera di banyak ponsel pintar lainnya. Jika tidak, coba Solusi #3!

3. Gunakan Aplikasi untuk menerapkan Efek Latar Blur

Jika Anda tidak menggunakan Instagram dan tidak memiliki salah satu ponsel cerdas yang dilengkapi dengan mode potret, ada opsi lain. Gunakan aplikasi yang melakukan semua pekerjaan buram untuk Anda!

Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda coba untuk menambahkan efek latar belakang buram ke foto:

1. AfterFocus

Setelah Fokus, mari Anda membawa Fotografi seperti DSLR ke ponsel Anda (atau begitulah kata mereka!). Anda dapat membuat efek latar belakang buram dengan memilih area fokus dan juga menyertakan efek filter lain untuk membuat foto yang terlihat profesional.

Cukup tandai area yang Anda inginkan/tidak inginkan dan AfterFocus akan mengenali area fokus dengan presisi yang layak, terutama untuk layar kecil. Anda juga dapat membuat efek blur. Tersedia di iOS atau Android.

2. Tadaa SLR

Tadaa SLR adalah aplikasi yang pernah saya gunakan sebelumnya untuk masking (untuk mengaburkan latar belakang) dan efek pencahayaan bokeh. Aplikasi ini mengklaim memberi Anda kedalaman bidang dan bokeh terbaik di App store.

Saya akan menyerahkannya kepada Anda untuk memutuskan apakah klaim itu benar, tetapi saya memiliki beberapa hasil yang cukup bagus dengannya (sebelum ponsel kamera saya berevolusi!). Tersedia di iOS.

3. Picsart

Picsart adalah aplikasi Android populer yang melakukan banyak hal, di antaranya adalah kemampuan untuk memburamkan latar belakang foto. Ini adalah editor serba bisa yang memungkinkan Anda memilih lebih dari satu efek blur (termasuk smart, motion, atau blur normal).

Anda juga dapat melakukan banyak efek pengeditan lainnya dengan Picsart termasuk cropping, cae CutOut Tool yang memungkinkan Anda membuat stiker khusus. Tersedia di Android.

4. Fore

Saya suka Fore karena kesederhanaannya! Cukup buka foto, klik salah satu dari 4 level “buram” dan aplikasi akan melakukan sisanya, mengaburkan latar belakang gambar Anda (sejauh mana itu kabur tergantung pada level yang Anda pilih!). Tersedia di iOS.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak (banyak!) cara untuk mendapatkan efek latar belakang buram profesional hanya dengan ponsel cerdas Anda. Tidak perlu kamera mewah.

Originally posted 2022-12-21 21:55:44.