Ulasan OPPO Find X5 Pro

Diluncurkan kembali pada bulan Februari, OPPO Find X5 Pro merupakan peningkatan bertahap dari prosesornya.

Sekilas, Anda mungkin tidak melihat perbedaan dalam spesifikasi selain Snapdragon 8 Gen 1. Namun, OPPO telah mengembangkan NPU MariSilicon X Imaging mereka sendiri dan ponsel ini sekarang mendapat manfaat dari Kalibrasi Warna Hasselblad, mirip dengan ponsel unggulan OnePlus baru-baru ini. .

Selain itu, Anda juga memiliki ukuran baterai yang lebih besar, pengisian yang lebih cepat, dan Gorilla Glass Victus yang ditingkatkan untuk tampilan depan.

Itu tidak banyak perbedaan tetapi OPPO Find X3 Pro adalah salah satu ponsel terbaik tahun lalu dan Anda dapat dengan mudah berargumen bahwa tidak banyak yang perlu ditingkatkan.

Desain dan Display

OPPO Find X5 Pro memiliki bagian belakang yang terpahat indah, desain unibodynya membungkus kamera untuk tampilan ultra premium. OPPO kemudian merusak semua upaya ini dengan semua teks yang tidak perlu dan tanda CE mengalir di samping. Hal ini tampaknya tidak terjadi pada semua jalur warna, model keramik putih hanya memiliki branding kecil.

Bagian belakang yang mengkilap dapat menarik noda

Semenarik telepon ini, keramik mengkilap cukup licin, dan dengan kecanggungan saya, tidak mungkin saya menggunakan telepon £1k+ tanpa perlindungan yang baik.

Kasing dasar disertakan dengan telepon

Itu memang memiliki tingkat perlindungan bawaan yang baik, panel depan adalah Gorilla Glass Victus, dan ada perlindungan air IP68.

Layarnya sedikit melengkung, menawarkan keseimbangan estetika dan kegunaan yang baik. Saya juga meninjau Honor Magic4 Pro, yang memiliki lekukan yang lebih agresif, dan beberapa elemen UI dapat menekuk ke dalam lekukan di sudut-sudutnya.

Seperti yang Anda harapkan, tampilannya sebagus yang didapatnya. Layar 6,7″ adalah ukuran yang sempurna untuk saya, dan kemudian berjalan pada 1440×3216 piksel. Ini juga LPTO yang memungkinkannya memberikan kecepatan refresh dinamis dari 1Hz hingga 120Hz dan memiliki rentang warna 10-bit.

Kecerahan layar pada hari yang sangat cerah

Kecerahan layar sangat bagus, saya menggunakan ini di Porto yang cerah sepanjang minggu, dan secara signifikan lebih baik daripada Pixel 6 saya, yang menurut saya sangat sulit di bawah sinar matahari.

TRENDING :  12 Aplikasi Obrolan Game Populer Menyatukan Gamer di Seluruh Dunia

Kamera

Bagi saya, kamera adalah alasan utama mengapa Anda membeli OPPO Find X5 Pro. Lensa utama dan ultra-lebar luar biasa, tetapi zoom-nya agak kurang bagus.

Anehnya, OPPO telah memutuskan untuk menghapus kamera mikroskop 3 megapiksel yang ada di X3 Pro. Secara umum, kamera ke-4 ini tidak lebih dari gimmick, tetapi dalam hal ini, kamera ini memberikan beberapa peluang foto yang menyenangkan.

Saya penggemar berat kamera ultra lebar, sangat bagus untuk fotografi perjalanan dan kota. OPPO telah memilih untuk menggunakan sensor IMX766 yang sama pada lensa ini, yang memberikan keunggulan signifikan dibandingkan ponsel pesaing.

Kedua kamera berkinerja baik di seluruh skenario, dan kinerja cahaya rendah luar biasa, menurut saya sama baiknya dengan Pixel 6, yang sering digolongkan sebagai salah satu yang terbaik.

Lensa zoomnya hanya 13MP dan 2x zoom. Kualitas foto dapat diterima, terutama jika dilihat di ponsel. Kemungkinan besar Anda dapat mencapai hasil yang serupa jika tidak lebih baik dari zoom dan pemotongan foto standar. Memperbesar secara signifikan di luar batas optik 2x menurunkan kualitas gambar dan menimbulkan banyak guncangan.

Ponsel ini memiliki kemampuan video luar biasa hingga 4K 60fps dengan HDR.

Performa & Throttling Termal

Sejauh benchmark pergi, OPPO telah mengambil pendekatan yang berbeda untuk kinerja ponsel ini dari merek lain seperti Honor. Skornya sedikit lebih rendah di seluruh papan tetapi ini memungkinkannya memiliki daya tahan baterai yang lebih baik daripada rata-rata.

Dalam hal kinerja sehari-hari, Anda tidak akan melihat perbedaan apa pun. Snapdragon 8 Gen 1 memiliki begitu banyak kinerja sehingga tidak perlu berjalan dengan kecepatan penuh di sebagian besar skenario.

Jika Anda bermain game dan menginginkan pengalaman terbaik, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan mode kinerja. Ini memunculkan tes stres Kehidupan Liar menjadi hampir sama dengan ponsel lain.

Baterai

Karena cara ponsel memoderasi kinerja, Anda dapat mengharapkan untuk melihat masa pakai baterai yang lebih baik daripada banyak ponsel pesaing. Di bawah uji baterai PCMark, ini mencetak 11 jam 32 menit yang secara signifikan lebih baik dari pendahulunya.

TRENDING :  8 Aplikasi Panggilan Video Grup Terbaik Mendukung Komunikasi Virtual 

Anda kemudian memiliki pengisian daya 80W melalui pengisi daya kabel yang disediakan, yang dapat memberi Anda muatan penuh dalam waktu kurang dari 30 menit. Anda juga dapat mengisi daya pada 50W menggunakan pengisi daya nirkabel OPPO, tetapi Anda harus membayar untuk ini.

Beberapa ponsel mulai menawarkan pengisian daya yang lebih cepat. Honor yang saya miliki dapat melakukan nirkabel 100W dan 80W.

Saya tahu beberapa orang skeptis terhadap pengisian daya ultra-cepat, dan saya lebih suka mengisi daya dengan lambat di malam hari. Namun, ini sangat berguna pada hari-hari penggunaan berat ketika Anda mungkin tidak memiliki bank daya. Saya selalu membawa pengisi daya cepat saat liburan atau acara kerja yang memungkinkan saya mengisi daya penuh dalam waktu henti sore yang singkat.

Perangkat lunak

Antara OPPO, OnePlus dan Realme dapat dikatakan bahwa saya cukup akrab dengan ColorOS.

Ada lebih banyak bloatware daripada yang saya inginkan. Seharusnya tidak ada Aliexpress, Booking.com, TikTok, dan lainnya di ponsel apa pun dengan harga ini. OPPO bukan satu-satunya pelanggar yang bersalah, dan mereka semua dapat dengan mudah dihapus. Setidaknya tidak ada aplikasi pemindaian keamanan dengan iklan.

Di luar itu, saya tidak bisa menyalahkan ColorOS.

Seperti yang Anda harapkan, ini menjalankan Android 12 dengan ColorOS versi 12.1. Pembaruan keamanan terakhir yang didapat ponsel saya adalah April 2022, yang cocok dengan Pixel saya.

Android 13 beta 1 juga tersedia untuk diunduh untuk ini, yang merupakan pertanda positif untuk peluncuran cepat OS Android generasi berikutnya.

OPPO Find X5 Pro saat ini tersedia dengan harga sekitar £ 1050 untuk model 12GB / 256GB.

Hebatnya, pengecer masih mencoba untuk mencambuk OPPO Find X3 Pro dengan harga sekitar £950, hanya £150 di bawah RRP. Meskipun tidak ada perbedaan besar antara kedua ponsel, mengingat perbedaan harga yang relatif kecil, Anda akan lebih baik menggunakan X5 Pro. Ada beberapa penawaran fantastis di eBay, yang layak dipertimbangkan.

Samsung Galaxy S22 Ultra dengan 12GB dan 256GB dibanderol dengan harga £1249 yang menggiurkan, bahkan model 8GB/128GB dengan spesifikasi lebih rendah adalah £1149.

TRENDING :  Cara Membuat dan Memindai Kode Spotify di Android IOS dan PC

OnePlus 10 Pro dengan 12GB / 256GB adalah £899. Meskipun tidak terlihat cantik, pada dasarnya perangkat keras yang sama, hanya kamera yang sedikit berbeda, dan OPPO memiliki chip khusus untuk pemrosesan gambar. Bahkan softwarenya hampir sama.

Honor Magic4 Pro adalah alternatif yang lebih murah yang layak dipertimbangkan, ultrawide tidak begitu bagus, tetapi zoomnya sedikit lebih baik. Baterai lebih kecil tetapi pengisian lebih cepat. Ini juga dihargai £ 949 (£ 50 lebih dari yang diiklankan sebelumnya).

Kuda hitam lainnya adalah ZTE Axon 40 Ultra. Kamera berpotensi menjadi lebih baik berkat Sony IMX787 yang lebih baru dan lebih unggul. Namun, perangkat lunak dan dukungan tidak mungkin sebagus OPPO. Itu juga belum diluncurkan di Inggris, jadi harganya tidak diketahui.

Keunggulan Global

Sama seperti pendahulunya, OPPO Find X5 Pro adalah salah satu ponsel terbaik tahun ini, dengan kinerja luar biasa dan kamera serbaguna yang luar biasa.

Ini juga salah satu ponsel paling mahal tahun ini, jadi apa pun yang kurang dari kinerja luar biasa tidak akan bagus.

Seperti biasa, ini adalah pasar yang sangat kompetitif. Samsung Galaxy S22 Ultra adalah pesaing utama, dan saya akan mengambil OPPO dengan titik harga yang lebih rendah dan chipset Qualcomm di atasnya, kecuali jika Anda menginginkan fungsi stylus.

Sulit untuk mengabaikan fakta bahwa OnePlus 10 Pro hampir identik dalam perangkat keras dan OS yang mendasarinya hampir sama. Namun OnePlus sekitar £ 150-250 lebih murah (tergantung pada spesifikasi yang Anda pilih). Saya belum pernah menggunakan OnePlus, tetapi saya tidak ragu bahwa OPPO adalah ponsel yang lebih baik dan memiliki manfaat dari MariSilicon X Imaging NPU. Ini tentu lebih menarik, tetapi apakah £150 lebih baik?

Secara keseluruhan, jika Anda tidak sensitif terhadap harga, Anda tidak akan kecewa dengan Oppo Find X5 Pro, ini adalah ponsel yang luar biasa.