Cara Memperbaiki Android Terhubung Ke wifi Tapi Tidak Ada Internet

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi ketika ponsel Android Anda terhubung ke Wi-Fi tetapi tidak memiliki koneksi internet. Jika itu terjadi, Anda tidak dapat melakukan streaming musik, menonton film, atau menonton streaming langsung olahraga di internet.

Kami akan membahas semua kemungkinan alasan mengapa ponsel Android Anda tidak dapat terhubung ke internet dan cara memperbaiki masalah ini.

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi ketika ponsel Android Anda terhubung ke Wi-Fi tetapi tidak memiliki koneksi internet. Jika itu terjadi, Anda tidak dapat melakukan streaming musik, menonton film, atau menonton streaming langsung olahraga di internet.

Ada beberapa alasan mengapa ini bisa terjadi, yang akan kita bahas di bawah ini. Untungnya, ini bisa menjadi masalah yang relatif mudah untuk diperbaiki, asalkan Anda tahu apa yang harus dicari.

Kami akan membahas semua kemungkinan alasan mengapa ponsel Android Anda tidak dapat terhubung ke internet dan cara memperbaiki masalah ini.

  1. Mulai ulang Router
  2. Matikan Data Seluler
  3. Pengaturan Tanggal & Waktu
  4. Lupakan dan bergabung kembali dengan Jaringan Wi-Fi
  5. Ubah Mode Nirkabel Router
  6. Setel Ulang Pengaturan Jaringan
  7. Ubah DNS

Alasan Mengapa Android Terhubung ke Wi-Fi, Tetapi Tidak Memiliki Koneksi Internet

Ada sejumlah alasan mengapa ponsel Android Anda mungkin tidak memiliki koneksi internet saat terhubung ke Wi-Fi.

Jadi sebelum kita masuk ke perbaikan, mari kita lihat beberapa penyebab paling umum dari masalah koneksi internet di ponsel Android Anda.

1. Masalah Router

Router yang rusak adalah salah satu penyebab paling umum dari masalah koneksi internet. Jika router Anda mengalami masalah atau tidak berfungsi dengan baik, semua perangkat yang terhubung akan mengalami masalah koneksi ke internet.

2. Masalah Koneksi Internet

Jika router Anda berfungsi dengan baik, koneksi internet bisa menjadi masalahnya; terutama, jika Anda tidak memiliki koneksi internet yang andal. Dalam situasi ini, ponsel Android Anda akan terhubung ke Wi-Fi tetapi tidak memiliki akses ke internet.

Sekarang, Anda juga perlu mempertimbangkan cuaca buruk, masalah pemeliharaan, kabel putus, dll. Pada dasarnya, Anda perlu mempertimbangkan masalah apa pun yang dapat berasal dari sisi Penyedia Layanan Internet.

Berbicara tentang masalah koneksi internet, inilah yang perlu Anda lakukan jika Anda pernah mendapatkan internet mungkin tidak tersedia di Android.

3. Masalah Alamat IP

Masalah dengan alamat IP sangat jarang tetapi tetap terjadi. Masalah alamat IP pada dasarnya adalah konflik antara perangkat yang terhubung ke jaringan yang sama yang diberikan alamat IP yang sama.

Karena kesalahan ini, ponsel Android Anda tidak akan menerima data yang benar. Oleh karena itu, memutuskan Anda dari internet sepenuhnya. Ini hanya terjadi jika Protokol Konfigurasi Host Dinamis (DHCP) tidak berfungsi.

4. Masalah DNS

Kebanyakan orang tidak mengetahui DNS atau Domain Name System. Tapi itu adalah bagian integral yang pada dasarnya menafsirkan URL situs web untuk IP.

Jika server DNS mengalami masalah, Anda tidak akan dapat terhubung ke internet. Namun, ini jarang terjadi.

Memperbaiki Android Terhubung ke Wi-Fi, Tapi Tidak Ada Internet

Sekarang Anda tahu mengapa ponsel cerdas Android Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi tetapi Anda tidak dapat mengakses internet, saatnya untuk perbaikan.

Anda harus mencatat bahwa jika Penyedia Layanan Internet Anda adalah pelakunya (ISP), tidak ada yang dapat Anda lakukan selain menunggu sampai mereka memperbaiki masalah. Namun, jika masalahnya ada di pihak Anda, tips di bawah ini akan membantu Anda mendapatkan kembali akses koneksi internet di ponsel Android Anda.

Ikuti tip pemecahan masalah di bawah ini sampai Anda menemukan yang memperbaiki masalah internet Anda.

1. Mulai ulang Router

Mari kita mulai dengan router. Ini adalah perangkat yang kompleks tetapi terkadang memulai ulang cukup untuk memperbaiki masalah kecil.

Restart router sangat sederhana. Anda cukup mencabutnya dari sumber listrik dan kemudian menghubungkannya setelah beberapa detik. Jika memulai ulang router Anda tidak memperbaiki masalah, lanjutkan ke solusi berikutnya.

2. Matikan Data Seluler

Ada kalanya kami mengaktifkan Wi-Fi dan Data Seluler di ponsel cerdas kami dan biasanya, itu tidak menimbulkan konflik apa pun. OS Android cukup pintar untuk membedakan satu dengan yang lain.

Ketuk untuk Menonaktifkan Data Seluler di Android. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

Namun, ada situasi tertentu ketika mengaktifkan kedua opsi ini secara bersamaan dapat menimbulkan masalah. Ini akan menciptakan banyak masalah yang berpusat pada jaringan, sehingga tidak ada akses internet.

Jadi, ketika Anda menghadapi masalah koneksi internet dengan ponsel Android Anda yang terhubung ke Wi-Fi, menonaktifkan data seluler akan menjadi pilihan terbaik Anda.

Menonaktifkan data seluler di Android sangat sederhana. Cukup ketuk opsi Data Seluler di Panel Akses Cepat ponsel Android Anda untuk menonaktifkannya.

3. Pengaturan Tanggal & Waktu

Tanggal & waktu yang salah dapat menyebabkan banyak masalah dengan ponsel Android Anda. Ini mungkin terdengar sepele, tetapi ketika Anda mengalami masalah koneksi ke internet, memeriksa tanggal dan waktu di ponsel Anda adalah ide yang bagus. Jika Anda menemukan mereka salah, segera perbaiki.

1. Luncurkan aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan temukan Manajemen Umum (Ini mungkin berbeda tergantung pada ponsel cerdas yang Anda gunakan dan versi OS).

Ketuk Manajemen Umum di Pengaturan Android. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

3. Di bawah Manajemen Umum, ketuk Tanggal dan Waktu.

Pengaturan Tanggal & Waktu Android. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

4. Di panel baru, Anda akan menemukan opsi Tanggal dan Waktu Otomatis di bagian atas. Ketuk tombol di sebelahnya untuk mengaktifkan fungsi ini.

Alihkan Pengalih Tanggal dan Waktu Otomatis. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

Tanggal dan waktu di ponsel Android Anda akan diperbaiki setelah mengaktifkan fitur ini. Sekarang, saatnya untuk memeriksa apakah Anda dapat mengakses internet melalui Wi-Fi atau tidak.

4. Lupakan Jaringan Wi-Fi dan Gabung Kembali Jaringan Wi-Fi sebelumnya

Melupakan jaringan Wi-Fi yang tersimpan dan menyambungkannya kembali ke ponsel Android Anda adalah perbaikan sederhana dan juga cukup efektif.

Meskipun langkah-langkahnya cukup sederhana, Anda mungkin masih kesulitan untuk bergabung kembali dengan jaringan Wi-Fi. Saat prompt muncul, meminta Anda memasukkan kata sandi Wi-Fi.

Kebanyakan orang hanya lupa kata sandi Wi-Fi rumah mereka. Setelah pengaturan selesai, Anda tidak akan pernah diminta dan perangkat Anda akan terhubung secara otomatis.

Jadi, pastikan untuk mendapatkan kata sandi yang diperlukan sebelum menjalankan metode ini. Setelah itu, sangat sederhana.

1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda dan ketuk Koneksi.

Ketuk Koneksi di bawah Pengaturan Android. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

2. Di bawah Koneksi, pilih Wi-Fi. Kemudian, ketuk Ikon Berbentuk Roda Gigi di sebelah jaringan Wi-Fi yang Anda simpan.

Ikon Roda Gigi Di Samping Jaringan Wi-Fi Tersimpan. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

3. Panel baru akan terbuka, ketuk opsi Lupakan di bawah.

Ketuk Tombol Lupakan di Bagian Bawah. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

Anda telah berhasil membuat ponsel Android Anda melupakan jaringan Wi-Fi Anda. Ponsel Anda tidak akan terhubung secara otomatis ke jaringan saat berada dalam jangkauan.

Jadi, reboot perangkat dan kembali ke pengaturan Wi-Fi. Ketuk nama jaringan dan masukkan kata sandi. Jika Anda masih tidak dapat mengakses internet setelah bergabung kembali dengan jaringan, jangan khawatir, kami memiliki lebih banyak perbaikan untuk Anda coba.

5. Ubah Mode Nirkabel Router

Anda mungkin menggunakan mode nirkabel yang tidak kompatibel pada router Anda. Itu bisa bertanggung jawab untuk ponsel Android yang terhubung ke Wi-Fi, tetapi tidak ada masalah internet.

Router modern dilengkapi dengan beberapa mode nirkabel. Setiap mode hadir dengan bandwidth yang berbeda. Yang paling umum adalah 802.11b; 802.11b/g dan 802.11b/g/n. Huruf-huruf tersebut menunjukkan standar yang berbeda untuk nirkabel.

Sekarang, mode nirkabel default adalah 802.11b/g/n. Mode nirkabel ini berfungsi dengan baik dengan semua perangkat Android modern. Tetapi beberapa perangkat lama tidak kompatibel.

Jadi, jika Anda mengalami masalah ini karena ponsel cerdas Anda sudah tua, Anda hanya perlu mengubah mode nirkabel.

Jalankan perangkat lunak untuk router Wi-Fi di komputer Anda.
Di bawah Pengaturan Nirkabel, pilih opsi Mode Nirkabel.
Akan ada beberapa opsi yang terlihat di menu drop; pilih 802.11b dan klik Simpan.

Setelah mengubah mode, reboot router dan sambungkan perangkat Android untuk mengakses internet. Jika ini tidak berhasil, Anda dapat mencoba mengubah mode nirkabel ke 802.11g.

6. Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Menyetel ulang pengaturan jaringan pada ponsel cerdas Anda akan menjadi langkah yang cukup drastis, tetapi jika ini dapat membantu memperbaiki masalah koneksi internet Anda di Android, ada baiknya Anda mencobanya.

Perlu diingat, Anda akan kehilangan semua preferensi jaringan Anda yang sebelumnya bergabung. Ini berarti Anda harus memasukkan kembali kredensial jaringan untuk jaringan Wi-Fi yang aman. Berikut cara mengatur ulang pengaturan jaringan ponsel Android Anda:

1. Ketuk aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Manajemen Umum (Opsi ini akan berbeda tergantung pada ponsel cerdas yang Anda gunakan dan versi OS).

3. Di bawah Manajemen Umum, ketuk Atur Ulang.

Ketuk Atur Ulang Di Bawah Manajemen Umum. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

4. Anda akan menemukan beberapa opsi reset, ketuk Reset Network Settings.

Ketuk Atur Ulang Pengaturan Jaringan Android. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

5. Terakhir, di panel berikut, ketuk tombol Atur Ulang Pengaturan untuk mengatur ulang pengaturan jaringan ponsel Android Anda.

Ketuk Atur Ulang Pengaturan Android. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

Cara ini cukup mudah. Ingatlah untuk mengatur kembali preferensi jaringan Anda dan coba sambungkan ke internet. Anda harus sukses.

7. Ubah DNS

Terakhir, Anda dapat mengubah DNS jika Anda masih dengan masalah yang sama. Tetapi hanya gunakan ini sebagai upaya terakhir, dan jika Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Mengubah DNS adalah tugas yang kompleks. Jadi, itu harus dipimpin menyingkirkan masalah.

1. Luncurkan aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda dan ketuk Koneksi.

2. Di bawah Koneksi, ketuk Wi-Fi lalu ketuk Ikon Berbentuk Roda Gigi di sebelah jaringan Anda.

3. Di panel berikut, ketuk Lanjutan untuk memperluas menu.

Ketuk Lanjutan untuk Memperluas Menu. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

4. Ketuk Pengaturan IP dan ubah ke Statis.

Ubah Pengaturan IP ke Statis. Tangkapan layar: Saurav Dey/Gotechtor

5. Setelah perubahan, ketikkan IP Statis, IP DNS1, dan IP DNS2. Kemudian, ketuk tombol Simpan.

Sekarang, reboot perangkat Android Anda dan sambungkan ke internet. Anda harus mendapatkan kembali akses ke internet.

Originally posted 2022-12-21 01:53:28.