Cara Membuat dan Memindai Kode Spotify di Android IOS dan PC

Orang suka berbagi musik favorit mereka dengan teman dan keluarga. Spotify cukup menyadari hal ini dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah berbagi lagu dengan orang lain melalui kode. Posting ini membahas bagaimana Anda dapat mulai menggunakan fitur ini sendiri.

Cara Membuat Kode Lagu Spotify di Ponsel Anda

Jika Anda mendengarkan sebagian besar menggunakan aplikasi Android atau iOS, ikuti petunjuk di bawah ini untuk membuat kode lagu Spotify dan membagikannya dengan teman-teman Anda.

  1. Buka aplikasi Spotify di perangkat Anda.
  2. Navigasikan ke lagu, album, artis, atau bahkan daftar putar.
  3. Jika itu adalah lagu yang ingin Anda bagikan, ketuk tiga titik di sudut kanan atas. Di sisi lain, jika Anda melihat album atau daftar putar, Anda perlu mengetuk tiga titik di sebelah tombol unduh. Untuk halaman artis, sekali lagi temukan tiga titik, yang kemudian terletak di sebelah tombol “Ikuti”.
  4. Anda akan melihat ada kode batang kecil di bawah sampul lagu/album di bagian atas. Ini dapat dengan cepat dipindai oleh orang yang ingin Anda tunjukkan lagunya. Mereka perlu menggunakan aplikasi Spotify untuk mendengarkan.
  5. Pastikan Anda mengambil tangkapan layar untuk dapat membagikan kode dengan siapa pun yang Anda inginkan, meskipun orang itu tidak berada di kamar/rumah yang sama dengan Anda.

Cara Membuat Kode Lagu Spotify di Desktop

Di desktop, prosesnya serupa – meskipun tidak sepenuhnya sama – dengan beberapa langkah tambahan yang terlibat. Berikut cara membuat kode di klien desktop Spotify.

  1. Buka Spotify dan temukan item yang ingin Anda buatkan kode berbagi.
  2. Jika Anda berencana untuk membagikan lagu, ketuk tiga titik di sebelahnya dan pilih “Bagikan”. Tekan tombol Alt di Windows atau tombol Option di Mac dan klik opsi “Copy Spotify URL” saat muncul.
  3. Atau, jika Anda mencoba membagikan artis, ketuk tiga titik di sebelah tombol “Ikuti” untuk membuka opsi berbagi, lalu ikuti langkah-langkah yang diuraikan di atas.
  4. Untuk album dan daftar putar, ketuk tiga titik di sebelah tombol unduh.
  5. Setelah URL disalin, buka halaman Kode Spotify di browser Anda.
  6. Paste URL di dalam kotak dan klik tombol “Dapatkan Kode Spotify”.
  7. Sebuah panel akan muncul di sebelah kanan layar yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kode Anda. Anda dapat bermain dengan latar belakang dan warna bilah, ukuran kode, dan banyak lagi.
  8. Tekan tombol “Unduh” saat Anda siap.

Sekarang Anda dapat dengan mudah membagikannya dengan teman dan keluarga dengan cara apa pun yang Anda mau.

Cara Memindai Kode Spotify

Untuk memindai kode Spotify yang Anda terima dari seseorang, Anda memerlukan perangkat seluler. Anda tidak dapat memindainya dari komputer Anda.

  1. Buka aplikasi Spotify di ponsel/tablet iOS atau Android Anda.
  2. Ketuk tombol Cari di bagian bawah.
  3. Ketuk bilah pencarian di bagian atas.
  4. Jangan masukkan apa pun; cukup ketuk ikon kamera saat muncul.
  5. Tekan tombol “Scan” di halaman Spotify Codes yang muncul.
  6. Berikan izin untuk mengizinkan Spotify mengambil gambar dan merekam video.
  7. Pilih untuk “Arahkan kamera Anda ke kode Spotify” atau “Pilih dari foto” untuk memindai kode.

Anda akan diarahkan langsung ke lagu/artis/album/daftar putar tertentu di aplikasi Spotify.

Jika Anda tidak ingin membagikan trek favorit Anda dalam bentuk kode, itu terserah Anda. Anda tentu saja dapat mengirim lagu dengan cara lama menggunakan fungsi berbagi lama yang bagus.

Cara Berbagi Lagu tanpa Kode di Spotify untuk Seluler

Untuk membagikan lagu atau apa pun – seperti album, artis, atau daftar putar – Anda harus mengakses menu konteks (tiga titik) seperti yang kami tunjukkan di atas.

  1. Navigasikan ke lagu di aplikasi Spotify.
  2. Ketuk menu tiga titik di kanan atas.
  3. Alih-alih melihat kode batang yang ditampilkan di bawah sampul, lihat opsi yang tersedia di menu di bawah ini.
  4. Gulir hingga Anda menemukan opsi “Bagikan” dan ketuk di atasnya.
  5. Sekarang pilih dari opsi yang tersedia. Opsi pertama akan menyalin tautan, lalu membagikannya secara manual. Atau, Anda dapat membagikannya langsung di media sosial melalui Facebook, WhatsApp, Instagram, atau Snapchat. Ketuk tombol Lainnya untuk opsi lainnya. Anda juga dapat berbagi melalui SMS.

Seseorang yang menerima tautan Anda hanya perlu mengetuk tautan, dan lagu (atau album, artis, daftar putar) akan terbuka di aplikasi Spotify mereka. Anda bahkan tidak perlu menginstal aplikasi agar berbagi berfungsi. Tautan dapat diakses di browser tanpa akun.

Cara Berbagi Lagu tanpa Kode di Spotify untuk Desktop

Di PC, opsi untuk berbagi sedikit lebih terbatas. Anda tidak dapat membagikan langsung ke media sosial, tetapi Anda bisa mendapatkan tautannya.

  1. Temukan lagu yang ingin Anda bagikan di aplikasi Spotify.
  2. Ketuk tiga titik di sebelah lagu.
  3. Pilih “Bagikan”.
  4. Klik “Salin Tautan Lagu” untuk mendapatkan tautan untuk dibagikan dengan cara apa pun yang Anda inginkan.
  5. Opsi lainnya adalah “Sematkan trek”. Pilih ini jika Anda ingin memasukkan lagu ke dalam halaman web yang sedang Anda kerjakan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Siapa yang dapat membuat kode Spotify?

Baik pengguna gratis maupun premium dapat membuat kode Spotify. Fitur ini tidak terbatas pada mereka yang berlangganan aplikasi berbayar. Pada saat yang sama, kedua jenis pengguna dapat memindai kode-kode ini.

2. Aplikasi Spotify tidak mengizinkan saya memindai foto saya sendiri. Apa yang dapat saya lakukan ?

Pemindai Spotify dapat memindai gambar dari galeri Anda sendiri. Namun, fitur ini tampaknya tidak selalu berfungsi. Jika itu terjadi pada Anda, keluar dari aplikasi Spotify, lalu buka lagi dan coba pindai sekali lagi. Pastikan Anda memberikan izin dengan benar setelah Anda mengetuk ikon kamera di sebelah bilah pencarian. Jika terus tidak berfungsi, minta teman Anda untuk membagikan lagu tersebut melalui tautan.

3. Bisakah saya membagikan lagu Spotify menggunakan kode QR?

Anda pasti bisa. Anda harus menggunakan perangkat lunak pihak ketiga seperti QR Tiger. Prosesnya cukup sederhana:

  1. Cukup salin/tempel tautan ke lagu Spotify ke platform.
  2. Tekan tombol “Generate QR code”, lalu sesuaikan kode QR Anda. Anda bahkan dapat menambahkan logo Spotify, tetapi Anda harus menyimpannya ke komputer Anda terlebih dahulu.
  3. Tekan tombol “Unduh”.
  4. Sekarang Anda dapat berbagi kode dengan siapa pun yang Anda inginkan. Bonusnya disini teman kamu tidak perlu scan di aplikasi Spotify untuk mengakses lagunya. Mereka dapat menggunakan aplikasi apa pun yang mereka miliki, seperti Google Lens.

Ingin mempelajari lebih banyak trik Spotify? Dapatkan informasi terbaru tentang cara mengubah nama pengguna Anda di aplikasi atau, jika Anda ingin melanjutkan pengalaman musik bersama Anda, pelajari cara membuat daftar putar Blend dengan teman-teman Anda.

Originally posted 2022-12-21 09:54:27.