masalah wifi

Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tetapi Tidak Konek Internet

Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tetapi Tidak Konek Internet – Banyak orang yang mengalami masalah tidak bisa mengakses internet, padahal perangkat yang digunakan sudah terhubung dengan jaringan WiFi. Kenapa wifi tidak ada internet? Jika Anda pernah mengalami hal seperti ini juga, tidak perlu merasa khawatir karena bisa diatasi dengan mudah, kok. Biasanya penyebab wifi tidak ada internet karena ada masalah pada perangkat router, jaringan atau sinyal provider, atau sedang ada maintenance dari pihak provider.

Simak terus informasi lengkapnya di bawah ini, ya.

Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tetapi Tidak Konek Internet

Penyebab WiFi tidak bisa akses internet

Semakin terjangkaunya WiFi membuat masyarakat mudah mengakses koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Sejumlah provider bahkan menawarkan tarif murah yang membuat konsumen lebih memilih penggunaan WiFi ketimbang paket data internet. Hal ini juga disambut kelompok pekerja yang bergantung pada koneksi internet untuk menuntaskan tugas-tugasnya tepat waktu.

Namun, WiFi tak terlepas juga dari kekurangan, salah satunya tidak ada jaringan internet walau wifi sudah tersambung. Sebelum mengambil tindakan, Anda perlu mengenali dulu beberapa faktor yang mempengaruhi gangguan tersebut, antara lain:

Masalah pada router

Usia router yang sudah tua dan kerusakan pada komponen adalah salah dua faktor yang menimbulkan masalah pada perangkat. Akibatnya, jaringan WiFi yang ditangkap laptop atau smartphone ikut bermasalah.

Sinyal atau jaringan provider lemah

Faktor ini bisa disebabkan area yang belum terjangkau jaringan terbaru atau ada halangan seperti tembok besar. Cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai petir pun tak jarang melemahkan jaringan WiFi.

Maintenance dari provider WiFi

Maintenance atau masa pemeliharaan yang dilakukan provider kadang mengharuskan mereka menurunkan kualitas jaringan bahkan hingga memutusnya untuk sementara waktu sampai perbaikan selesai dilakukan.

Kenapa Wifi Tidak Ada Internet?

1. Restart Modem Kamu
Ini adalah cara pertama paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Coba untuk restart modem terlebih dahulu, biasanya ini merupakan solusi awal untuk bisa menyelesaikan permasalahan wifi kamu yang tidak bisa terkoneksi internet tadi. Ada kalanya, modem mengalami permasalahan dalam menangkap sinyal. Restart ini diperlukan untuk penyegaran sehingga kinerja modem bisa kembali optimal setelah melakukan tindakan ini. Mungkin restart ini mirip seperti healing-nya anak-anak muda sekarang yang perlu penyegaran kembali.

2. Restart HP, Laptop atau Perangkat Lain
Jika sudah mencoba restart modem, ternyata wifi tetap tidak ada internet bagaimana? ya mungkin bukan modem yang butuh di-restart melainkan smartphone, laptop atau perangkat lain yang mungkin perlu untuk dilakukan restart. Kalau kamu punya 2 perangkat yang berbeda, coba testing keduanya. Jika ada salah satu perangkat yang bisa terkoneksi ke internet, berarti perangkat kamu yang lainnya yang butuh di-restart, atau mungkin butuh diganti? Kamu juga harus mengecek kondisi dari perangkat kamu.

3. Cek Pengaturan Pada Perangkat Kamu
Pada beberapa kasus tidak bisa terkoneksinya ke internet, ada sebagian ternyata terjadi karena ada pengaturan yang tidak benar pada perangkat baik itu smartphone atau laptop. Coba cari tahu pengaturan yang berkaitan dengan koneksi internet pada perangkat yang kamu miliki. Untuk laptop, pastikan driver ethernet sudah sesuai dan terupdate. Untuk smartphone, pastikan pengaturannya bukan dalam mode pesawat misalnya. Pastikan semua pengaturan pada perangkat sudah tidak ada kendala.

4. Forget Wifi di Perangkat
Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah forget wifi. Ingat ya forget wifi, bukan forget yang lainnya. Dengan melakukan forget wifi, kamu bisa mencoba melakukan koneksi ulang pada jaringan. Bisa saja kamu tidak bisa terkoneksi ke internet karena terjadi misconfiguration sehingga perlu melakukan pembersihan terlebih dahulu dengan forget wifi, dan mencoba untuk mengkoneksikan kembali.

5. Hubungi Tim Support Dari Layanan Internet Kamu
Sudah melakukan restart baik di modem maupun di perangkat ternyata tidak bisa terkoneksi juga? langkah selanjutnya tentu saja menghubungi tim support dari layanan internet kamu. Biasanya cara mengatasi wifi tidak ada internet ini sudah dijelaskan secara umum seperti yang ada pada halaman support dari ISP Kamu. Setelah membaca informasi-informasi yang ada pada website tidak juga menemukan solusi, kamu bisa mencoba menghubungi langsung customer care melalui website atau mobile app. Semoga bisa mengatasi masalah wifi kamu yang tidak ada internet ya!

Originally posted 2023-01-25 23:38:11.