Mengapa umbi batang dapat digunakan untuk berkembang biak

Mengapa umbi batang dapat digunakan untuk berkembang biak tolong di jawab y kak…

Alasan mengapa umbi batang bisa digunakan dalam proses perkembangbiakan karena pada umbi batang terdapat mata tunas yang dalam kondisi mendukung bisa tumbuh menjadi tunas yang selanjutnya akan berkembang jadi individu baru. Umbi batang adalah modifikasi batang pada tumbuhan. Pada umbi batang, tumbuhan menyimpan cadangan makanan utamanya zat tepung.

Pembahasan
Tumbuhan memiliki sifat khas yang disebut dengan totipotensi. Totipotensi ini bisa diartikan sebagai kemampuan sel-sel ataupun jaringan pada tubuh tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang menjadi tanaman baru dengan sifat-sifat yang identik dengan sang induk. Sifat totipotensi ini terjadi karena pada sel-sel atau jaringan tumbuhan terdapat sifat-sifat metabolisme. Salah satu contoh bagian tumbuhan yang punya sifat totipotensi adalah umbi. Oleh sebab itu, umbi bisa digunakan tumbuhan ketika berkembang biak secara aseksual.

Umbi diartikan sebagai organ tanaman yang terbentuk karena modifikasi. Modifikasi ini maksudnya terdapat perubahan fungsi organ tumbuhan yang menyebabkan perubahan bentuk juga ukuran. Umbi sendiri dibagi ke dalam 3 jenis, yakni:

Umbi batang, adalah umbi pada tanaman yang terbentuk sebagai hasil modifikasi batang. Contoh umbi batang adalah kentang, talas, suweg dan lain-lain.
Umbi lapis, adalah jenis umbi yang terbentuk sebagai hasil modifikasi bagian daun. Daun-daun pada tanaman saling menumpuk rapi lalu mengalami pembesaran karena tumbuhan menyimpan cairan di daun tersebut. Umbi ini agak berbeda dari umbi akar dan batang yang menyimpan zat pati bukan caira. Contoh tanaman dengan umbi lapis atau bulbus adalah tanaman bawang-bawangan seperti bawang Bombay, bawang merah, bawah putih dan lain-lain.
Umbi akar, adalah umbi hasil modifikasi pada akar. Akar kemudian mengalami perubahan bentuk dan ukuran karena dipakai sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Contoh umbi akar adalah bengkuang, wortel, tanaman bunga dahlia dan masih banyak lagi lainnya.