membersihkan virus

Beberapa Cara Menghilangkan Virus Di laptop Atau Komputer

Beberapa Cara Menghilangkan Virus Di laptop Atau Komputer – Kamu khawatir jika perangkat yang Kamu gunakan rusak saat terkena virus? Ini beberapa cara mengatasi malware pada laptop dengan mudah dan aman!

Beberapa Cara Menghilangkan Virus Di laptop Atau Komputer

Matikan Koneksi Internet

Saat hendak membersihkan seluruh virus yang ada di laptop ada baiknya Kamu mematikan terlebih dahulu koneksi internet. Pasalnya, beberapa virus terkadang menyebar lebih cepat ke sistem Windows saat terkoneksi internet. Oleh karna itu, cara menghilangkan virus di laptop paling efektif adalah dengan mematikan koneksi internetnya terlebih dahulu agar tidak menyebabkan kerusakan pada sistem laptop.

Install Software Anti Virus

Saat ini banyak sekali software anti virus yang bisa Kamu gunakan dan unduh agar laptop aman dari serangan malware. Kamu bisa memilih beberapa aplikasi seperti McAfee, Avira, Smadav, dan lain sebagainya untuk membasmi virus di laptop. Bahkan, jika Kamu menggunakan Windows 10 ke atas, kamu tidak membutuhkan apliaksi tambahan untuk cara membersihkan laptop dari virus. Pasalnya, Windows sudah memiliki Windows Defender untuk mencegah laptop terkena serangan malware.

Kamu hanya perlu memilih aplikasi laptop yang diinginkan kemudian mengunduhnya di laptop. Namun, beberapa aplikasi mengharuskan Kamu untuk membayar untuk bisa menggunakan fiturnya, dengan batas trial selama 30 hari. Terdapat berbagai jumlah pembayaran yang berbeda-beda untuk setiap aplikasi yang akan dipilih.

Masuk Ke Safe Mode

Langkah selanjutnya ketika melakukan cara menghapus virus di laptop adalah dengan mereboot laptop dan masuk ke menu safe mode. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi saat Kamu akan membersihkan sistem dari virus. Berikut cara masuk ke safe mode Windows dengan mudah:

Terlebih dahulu Restart Laptop.
Setelah itu tekan F8 lalu Pilih Advanced boot options saat layar laptop hidup.
Kemudian pilih menu Safe Mode with Networking.
Terakhir, silahkan Pilih Tetap terputus dari internet
Selesai.

Hapus temporary files

Salah satu langkah paling mudah sebagai cara hapus virus di laptop adalah dengan menghapus temporary files menggunakan Disk Clean Up. Pasalnya, beberapa virus akan`menyerang Laptop saat sedang melakukan booting. Oleh karna itu menghapus file sementara pada laptop dapat mengatasi masalah tersebut. Berikut langkah mudahnya:

Pertama silahkan klik Start.
Kemudian cari menu Temporary Files.
Setelah itu, silahkan pilih Free up disk space by deleting unnecessary files.
Lalu pilih Temporary Internet Files pada bagian Files to delete dan klik OK.
Terakhir silahkan Klik Delete Files.
Selesai.

Jalankan Pemindaian Virus

Pada tahap ini silahkan jalankan software anti virus pilihan yang terdapat di laptop tadi. Kamu juga bisa menggunakan Windows Defender untuk memindai virus. Cara membersihkan laptop dari virus menggunakan Windows Defender juga sangat mudah, Kamu hanya perlu masuk ke menu search kemudian cari Windows Security. Nantinya, kamu hanya perlu melakukan klik pada check virus atau quick scan.

Reboot Laptop

Setelah menjalakan software anti virus dan membersihkannya, langkah selanjutnya adalah me-reboot laptop agar virus dihilangkan. Pada tahap ini Kamu tidak perlu menggunakan fitur safe mode lagi. Namun, untuk melakukan reboot pada perangkat laptop yang digunakan, pastikan terlebih dahulu virus yang ada di laptop telah benar-benar bersih dengan cara melakukan scan virus secara berulang pada software anti virus. Cara menghilangkan virus di laptop ini dijamin aman Kamu !

Perbarui Perangkat Lunak

cara mengatasi malware pada laptop yang selanjutnya adalah dengan memperbarui seluruh perangkat lunak yang ada di laptop seperti aplikasi Web Browser, Software editing bahkan jika perlu sistem oprasi nya. Memperbaru perangkat lunak tersebut dilakukan agar beberapa perangkat yang sudah terkontaminasi oleh virus dapat terbarui sistem nya.

Update OS Window

Langkah terakhir untuk cara membasmi virus di laptop adalah dengan memperbaharui OS Windows yang digunakan. Kamu mungkin terbiasa untuk menggunakan versi Windows yang saat ini sedang digunakan, namun dengan jarang memperbaharuinya bisa saja membuat laptop terkena virus. Kamu bisa mencoba untuk melakukan install ulang atau update sistem OS pada laptop untuk mengatasinya.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara menghilangkan virus di laptop atau komputer kamu. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Pencarian PopularCara Membersihkan Virus,Cara Membersihkan Virus Di Komputer ,Cara Menghilangkan Virus Di Laptop