Mengapa kita perlu bekerja sama

Mengapa kita perlu bekerja sama

Alasan mengapa perlu bagi kita untuk bekerja sama adalah karena dengan bekerja sama maka beban terbagi sehingga pekerjaan yang sulit sekalipun terasa mudah dan cepat selesai. Selain itu, kerja sama juga akan memperkokoh kebersamaan dan menjalin rasa persaudaraan yang akan mempererat persatuan dan kesatuan.

Pembahasan
Kerja sama, gotong royong, tolong menolong dan musyawarah adalah amanat luhur dari Pancasila. Kerja sama, seperti yang disinggung pada soal, menjadi bukti kuatnya rasa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat sebab kerja sama baru akan terwujud jika ada kekompakan. Kerja sama ini perlu untuk kita laksanakan dalam kehidupan karena membawa banyak manfaat bagik bagi diri sendiri, masyarakat maupun bangsa dan negara. Apabila dirinci, berikut ini beberapa alasan penting mengapa kita perlu menjalin kerja sama :

Kerja sama akan menjadikan beban terbagi sehingga pekerjaan terasa ringan, mudah dan lebih cepat selesai.
Kerja sama yang terjalin dengan baik akan melatih diri seseorang untuk mengedepankan kepentingan bersama, tidak bersikap egois atau mementingkan diri sendiri.
Kerja sama akan memperkokoh kekompakan, menciptakan hubungan persaudaraan dan mempererat kebersamaan dalam masyarakat.
Kerja sama akan mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga masyarakat tidak mudah terpecah. Dengan persatuan tersebut, masyarakat bisa menghadapi masalah yang datang menghadang.
Kerja sama yang terlaksana dalam kehidupan bukan sekedar cerminan kepatuhan diri pada nilai-nilai Pancasila tetapi juga akan membawa dampak positif bagi kehidupan diri pribadi, masyarakat, bangsa dan juga negara.