Berikut yang tidak termasuk pengertian jujur adalah

Berikut yang tidak termasuk pengertian jujur adalah…
A. Kesesuaian antara ucapan dan perbuatan
B. Sesuatu yang tidak mengandung kedustaan
C. Kesesuaian informasi dan kenyataan
D. Kesesuaian kehendak dan hati
E. Ketegasan dan kemantapan

Jujur adalah sebuah sifat yang membutuhkan kesesuaian sikap antara perkataan yang diucapkan dan perbuatan yang dilakukan oleh seseorang. Seseorang yang jujur akan menyampaikan apa adanya dan berusaha objektif (kesesuaian informasi dan kenyataan) terhadap kebenaran yang ia temukan tanpa dusta. Jujur juga merupakan ketegasan dan kemantapan hati, artinya tidak ada yang disembunyikan di dalam hati dan perilakunya. Sehingga yang tidak termasuk pengertian jujur adalah kesesuaian kehendak dan hati (D). Karena jujur tidak hanya sekadar niat dan keinginan di hati, tetapi jujur juga harus dicerminkan dalam ucapan dan perbuatan yang seirama.

Pembahasan
Seseorang yang bersih hati nuraninya akan memancarkan sikap jujur dalam kesehariannya. Sikap ini sangat positif juga karena akan membuat orang lain memberikan kepercayaan tanpa ragu akan dibohongi. Beberapa manfaat dari perilaku jujur yaitu:

Mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Misalnya seorang pegawai yang jujur akan selalu didengar dan dipercaya oleh atasannya.
Orang lain akan mendukung setiap tindakan kita dan tidak mudah terhasut apabila ada kebohongan yang dilakukan oleh orang yang tidak pertanggung jawab. Misalnya adanya pernipuan atas nama A yang jujur padahal penipuan tersebut dilakukan oleh orang yang mencuri handphone orang A tersebut.
Akan mudah mendapatkan pertolongan dari orang lain apabila sedang mendapat kesulitan karena orang lain tidak merasa dibohongi.
Akan mendapatkan kasih sayang dari lingkungan sekitar dan kemudahan hidup dari Allah.
Lebih terhindar dari ajakan tindak kejahatan penipuan dan terhindar dari tindakan korupsi.
Hidup akan tenang dan tentram sebab tidak ada yang ditutup-tutupi.
Kejujuran perlu dipupuk sejak dini, baik dari lingkungan keluarga, sekolah dan kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan sangat dekatnya sikap tidak jujur dengan perilaku korupsi. Misalnya kebiasaan mencontek saat ujian, tidak mengaku jika mengambil uang keluarga atau meminjam barang kepada teman tanpa bilang terlebih dahulu. Jika sikap tersebut dibiarkan saja tanpa teguran dan usaha untuk dihilangkan, dapat menjadi cikal-bakal untuk menjadi seorang koruptor di masa depan. Koruptor berawal lahir dari sikap tidak jujur pada tindakan-tindakan kecil kita.