bagaimana proses penyerbukan pada bunga kembang sepatu?

bagaimana proses penyerbukan pada bunga kembang sepatu?

Proses penyerbukan pada bunga kembang Sepatu terjadi secara Autogami (penyerbukan Sendiri)

Penyerbukan pada bunga kembang Sepatu
Bunga kembang Sepatu atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Hobiscus rosa – Sinensis L merupakan bunga lengkap, artinya dalam satu bunga memiliki Putik sebagai alat kelamin betina dan serbuk sari sebagai alat kelamin jantin, sehingga penyerbukannya autogami atau penyerbukan sendiri, artinya benang sari dan kepala putik berasal dari satu bunga,

Sebenarnya Berdasarkan asal serbuk sari dan kepala putik penyerbukan dibedakan menjadi 4, yaitu :

1. Penyerbukan Autogami (penyerbukan sendiri)

Serbuk sari dan kepala putik berasal dari bunga yang sama, Penyerbukan ini biasanya terjadi pada bunga lengkap, yaitu dalam satu bunga memiliki alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Seperti yang terjadi pada bunga kembang Sepatu.

2. Penyerbukan Geinotogami (penyerbukan Tetangga)

Penyerbukan ini terjadi apabila serbuk sari dan kepala putik berasal dari bunga yang berbeda, tetapi masih satu pohon. Contohnya pada jagung (Zea mays.L)dan kelapa (Cocos nucifera.L).

3. Penyerbukan alogami (Penyerbukan Silang)

Penyerbukan ini terjadi apabila serbuk sari dan kepala putik berasal dari pohon yang berbeda, tetapi masi dalam satu jenis. Penterbukan ini biasanya menghasilkan variasi keturunan, dan biasanya dibantu oleh manusia, contohnya penyerbukan pada buah naga Vanili.

4. Penyerbukan Bastar (Penyerbukan Hybridogami)

Penyerbukan ini terjadi apabila serbuk sari dan kepala puti berasal dari pohon yang berbeda dan berbeda jenis. Contohnya penyerbukan antara Rambutan berbuah manis dan rambutan berbuah masam. Penyerbukan ini memungkinkan terjadinya variasai pada keturunan.

Berdasarkan Perantaranya , penyerbukan dibedakan menjadi 4, yaitu :
1. Anemogami

Penyerbukan ini terjadi karena bantuan angin, biasanya tumbuhan yang memiliki bunga mahkota bunga kecil, serbuk sari ringan dengan tangkai benang sari yang panjang, biasanya warna tidak mencolok, tidak memiliki nektar, Contohnya pada padi.

2. Zoidiogami

Penyerbukan ini terjadi dengan bantuan hewan eperti kupu – kupu dan lebah, ciri khusus pada tanaman ini biasanya memiliki mahkota bunga yang besar dan berwarna mencolok sehingga menarik kupu – kupu untuk mendekati, memiliki nektar sehingga lebah mendekatinya, Contohnya sering kita jumpai dilingkungan kita, apabila kita melihat tumbuhan yang didekati lebah dan kupu – kupu.

3. Hydrogami

Penyerbukan yang terjadi karena bantuan air. Biasanya terjadi pada tumbuhan air seperti Hidrilla dan ganggang.

4. Antropogami

Penyerbukan dengan bantuan manusia, biasanya ini terjadi pada tanaman budidaya, untuk meningkatkan hasil atau kualitas tanaman, seperti pada salak dan vanili.

Jadi Proses penyerbukan pada bunga sepatu meupakan penyerbukn autogami.