tahap pembuatan patung berbahan dasar gips

Jelaskan secara singkat tahap pembuatan patung berbahan dasar gips

Patung merupakan salah satu jenis karya seni 3 dimensi yang sering dibuat oleh manusia sebagai penikmat seni. Bahan yang digunakan dalam pembuatan patung pun bermacam-macam salah satunya adalah dengan bahan gips. Berikut ini tahapan pembuatan patung berbahan dasar gips:

Sebelum memulai dalam membuat patung, buatlah desain terlebih dulu.
Gunakan botol plastik dan dipotong bagian ujungnya, lalu isilah dengan serbuk gips dengan cara dimasukkan kira-kira 3/4 ukuran botol.
Masukkanlah air ke dalam botol tersebut hingga penuh posisi penuh. Kemudian aduk sejenak untuk meratakannya.
Langkah selanjutnya biarkan campuran di dalam botol tersebut beberapa lama hingga hasil dari campuran gips berubah menjadi zat padat.
Sayatlah atau sobek cetakan botol plastik dari gips tersebut dengan menggunakan cutter untuk melepas cetakan dan melihat hasilnya.
Kemudian gips yang sudah padat bisa dibentuk sesuai dengan desain yang akan dibuat.
Pembahasan
Patung adalah karya seni rupa tiga dimensi yang meniru bentuk manusia, hewan, dan tumbuhan. Ukiran dapat dibuat dengan menggunakan berbagai media, alat, dan bahan. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat patung adalah kayu, batu, tanah liat, bahkan plester di Paris.

Gypsum atau yang lebih dikenal dengan gypsum adalah bahan pengganti semen yang berbentuk bubuk berwarna putih. Ketika dicampur dengan air, plester mengering seiring waktu dan dapat membentuk gambar cetakan yang diinginkan.