Gambar bagian bagian bunga dan cara penyerbukannya

Gambar bagian bagian bunga dan cara penyerbukannya

Bunga merupakan salah satu bagian dari tumbuhan yang salah satu gunanya adalah sebagai tempat reproduksi suatu tumbuhan. Berikut di bawah ini adalah gambar bagian dari bunga beserta cara penyerbukan bunga:

Bagian tangkai bunga.
Bagian dasar bunga.
Bagian bakal biji.
Bagian kelopak.
Bagian tangkai putik.
Bagian kepala putik.
Bagian benang sari.
Bagian kepala sari.
Bagian mahkota.
Pembahasan
Bunga merupakan salah satu bagian dari organ generatif yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan. Maksud dari istilah organ generatif yaitu organ pada tumbuhan yang berguna sebagai alat perkembangbiakan pada tumbuhan. Bunga bisa dikategorikan sebagai bunga lengkap jika memiliki beberapa bagian utama bunga antara lain: kelopak, mahkota, benang sari, dan juga putik. Sedangkan disebut dengan bunga tidak lengkap apabila salah satu dari empat bagian tersebut tidak ada.

Berdasarkan menurut pembagian alat kelaminnya, bunga terbagi menjadi dari 3 jenis, antara lain:

Bunga sempurna, disebut bunga sempurna karena memiliki benang sari dan putik.
Bunga jantan, disebut bunga jantan karena hanya memiliki benang sari.
Bunga betina, disebut bunga betina karena hanya memiliki putik.
Proses penyerbukan pada bunga dimulai dengan jatuhnya serbuk sari di atas kepala putik. Sel kelamin jantan atau spermatozoid di dalam setiap serbuk sari tersebut yang akan bersatu dengan sel telur. Setelah proses tersebut, maka sel kelamin jantan akan mulai bersatu dengan sel telur di dalam suatu tempat yang disebut ruang bakal biji. Proses inilah yang disebut dengan pembuahan.