mengapa sperma manusia memiliki bagian kepala meruncing

1. mengapa sperma manusia memiliki bagian kepala meruncing di bagian ujungnya?
2. apa fungsi bagian ekor dari sperma manusia?
3. apa yang dimaksud dengan
a. spermatogenis
b. spermatogonum
c. spermatozoa

1. Agar mampu menembus dan bergerak dengan mudah untuk mengurangi dengan gaya gesekan terhadap medium yang dilewatinya.

2. Fungsinya adalah sebagai penggerak untuk mendorong sperma maju mencari ovum

3. Maksud dari

Spermatogenesis adalah proses pembentukan sperma melalui serangkaian pembelahan meiosis dan mitosis
Spermatogonium merupakan sel induk sperma
Spermatozoa merupakan sel sperma akhir hasil diferensiasi dari spermatid
Pembahasan
Sperma merupakan salah satu sel seks yang ada di makhluk hidup, selain sel telur. Sperma dimiliki pada umumnya oleh semua makhluk multiseluler. Sperma memiliki 3 bagian anggota tubuh yaitu kepala, leher, dan ekor.

1. Kepala

Kepala pada sperma merupakan bagian ujung depan yang terdiri atas nukleus dan benang kromatin. Benang kromatin ini dikelilingi oleh kantung tipis yang dinamakan akrosom. Akrosom mengandung enzim hialuronidase dan enzim akrosin yang berperan dalam penembusan sel telur. Selain itu, terdapat juga enzim proteinase yang berperan dalam penembusan dinding sel telur. Terkandung juga enzim fertilizin untuk mendeteksi keberadaan ovum dan menarik sperma menuju ke ovum.

2. Leher

Leher pada sperma mengandung enzim ATPase karena terdapat mitokondria yang berperan mensintesis energi yang diperlukan untuk penggerakkan flagella. Mitokondria terletak di leher untuk mendistribusikan energi secara dual. Di dalamnya juga terkandung beberapa sentriol, seperti sentriol proksimal. Di bagian tengah menjorok ke ekor, terdapat sebuah inti berserabut yang dikelilingi oleh mitokondria

3. Ekor

Ekor sperma mengandung semacam sistem mikrotubulus. Mikrotubulus yang menyusun ekor yang terdiri atas flagela tersebut berperan mendorong pergerakan sperma. Di dalamnya terkandung gugus protein mikrotubular yang dinamakan MAPs.