Julukan negara-negara ASEAN adalah

Julukan negara ASEAN adalah

Julukan negara ASEAN adalah

1. Malaysia = Negeri Jiran

2. Filipina = Mutiara Laut Orien, Negeri Lumbung Padi

3. Singapura = Kota Singa

4. Kamboja = Negeri Kedamaian dan Kemakmuran

5. Mynmar = Negeri Pagoda Emas

6. Indonesia = Zamrud Khatulistiwa

7. Thailand = Negeri Gajah Putih, Negeri Penuh Senyuman

8. Brunei = Negeri Penuh Harta yang Tak Terduga, Negeri Petro Dollar

9. Laos = Negeri Seribu Gajah

10. Vietnam = Negeri Naga Biru

Pembahasan
Sekarang kita akan membahas julukan negara-negara ASEAN.

1. Malaysia = Negeri Jiran

Negeri Jiran artinya adalah negara tetangga yang berdekatan. Jarak Malaysia paling dekat dengan Indonesia jika dibandingkan dengan negara lainnya.

2. Filipina = Mutiara Laut Orien

Bangsa Eropa menyebut Bumi bagian Timur dengan sebutan orien. Yang pertama menyebut julukan ini adalah bangsa Spanyol di Filipina pada abad ke-18. Filipina juga dijuluki ‘Lumbung Padi ASEAN’ karena menjadi penghasil padi terbaik di Asia Tenggara.

3. Singapura = Kota Singa

Nama Singapura sendiri berasal dari bahasa Sanskerta “Singhapura” yang artinya negeri para singa. Nama ini diberikan oleh pendiri Kerajaan Singapura. Konon beliau melihat hewan yang membuatnya memberi nama itu.

4. Kamboja = Negeri Kedamaian dan Kemakmuran

‘Negeri Kedamaian dan Kemakmudan itu berasal dari bahasa Sanskerta ‘Kambuja’, teman-teman. ‘Kambuja’ juga sering disebut ‘Kampuchea’. Negeri ini juga dijuluki Neraka di Bumi karena pernah mengalami sejarah mengerikan di masa lalu.

5. Myanmar = Negeri Pagoda Emas

Myanmar memiliki salah satu ciri khas, yaitu pagoda. Karenanya selain disebut ‘Negeri Pagoda Emas’, Myanmar juga disebut ‘Negeri Seribu Pagoda’.

Salah satu pagoda yang terkenal di Myanmar adalah Shwedagon Pagoda yang indah.

Pagoda ini adalah menara tinggi yang dibangun sebagai kuil atau tempat suci. Di Myanmar, budaya masyarakatnya sangat taat pada ajaran agama Buddha.

6. Indonesia = Zamrud Khatulistiwa

Indonesia adalah negara kepulauan, sehingga negara kita yang luas itu banyak sekali pulaunya. Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang berlimpah sehingga terlihat kehijauan seperti batu zamrud. Kemudian Indonesia terletak di bawah garis ekuator atau khatulistiwa, karenanya julukan itu didapatkan Indonesia.

7. Thailand = Negeri Penuh Senyuman

Masyarakat Thailand dikenal sebagai ramah pada semua orang.

Karenanya, Thailand dijuluki ‘The Land of Smiles’ atau ‘Negeri Penuh Senyuman’.

Kehidupan masyarakat di Thailand juga dikeal santai dan mereka selalu ramah jika diajak berinteraksi.

8. Brunei, Negeri Penuh Harta yang Tak Terduga

Brunei atau Brunei Darussalam memang negara yang ukurannya kecil,.

Meski begitu, negara Brunei adalah salah satu negara terkaya di dunia, lo.

Di sana, pemerintahannya membiayai pendidikan, kesehatan, dan beberapa biaya hidup masyarakat. Biaya itu didapatkan dari kekayaan gas dan minyak Bumi di Brunei. Selain karena memiliki kekayaan alam itu, penduduk Brunei juga hanya sedikit, yaitu sekitar 500.000 orang saja.

9. Laos = Negeri Seribu Gajah

Negara Laos punya julukan ini karena nama Laos berasal dari Lan Xang, yang berarti gajah. Gajah juga merupakan simbol kerajaan kuno Lan Xang, teman-teman.

Gajah juga merupakan hewan yang dianggap suci oleh masyarakat Laos dan dipercaya bisa membawa kemakmuran pada negaranya.

10. Vietnam = Negeri Naga Biru

Di Asia, ada negara-negara yang disebut dengan Empat Harimau Asia yaitu Hong Kong, Singapura, Korea Selatan, dan Taiwan.

Negara ini juga dikenal dengan sebutan Empat Naga Kecil Asia.

Empat negara itu disebut demikian karena industrinya berkembang dengan cepat dan kondisi ekonominya meningkat pada 1960 – 1990-an.