Sekaten berasal dari kata bahasa Arab syahadatain artinya

Sekaten berasal dari kata bahasa Arab syahadatain yang artinya

Arti dari Bahasa Arab Syahadatain ke dalam bahasa Indonesia adalah dua kalimat syahadat. Sekaten sendiri adalah salah satu upacara adat masyarakat Yogyakarta yang dilakukan dengan tujuan untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad setiap tahunnya.

Pembahasan
Syahadatain atau dua kalimat syahadat merupakan dua kalimat yang membacanya merupakan bagian dari rukun islam. Dua kalimat syahadat yang ada dalam rukun islam sesuai dengan hadis nabi adalah:

Kalimat syhadat tauhid yang menjelaskan kalimat syahat tentang keyakinan kepada Allah. Lafadz dari kalimat syahadat yang merupakan kalimat syahadat tauhid menggunakan huruf hijaiyah اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ . Terjemhan dari lafadz dari kalimat syahadat tauhid ke dalam bahasa indonesia yang baik dan benar adalah saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah .
Kalimat syhadat rasul yang menjelaskan kalimat syahat tentang keyakinan kepada Nabi Muhammad sebagai rasul Allah. Lafadz dari kalimat syahadat yang merupakan kalimat syahadat rasul menggunakan huruf hijaiyah اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ. Terjemhan dari lafadz dari kalimat syahadat rasul ke dalam bahasa indonesia yang baik dan benar adalah saya bersaksi bahwa nabi muhammad adalah utusan Allah.