Berikut ini adalah cakupan keunggulan yang dimiliki Indonesia

1. Berikut ini adalah cakupan keunggulan yang dimiliki Indonesia, kecuali. A. teknologi B. tanah C. mineral D. laut
2. Wilayah yang memiliki keunggulan atas produk tertentu menimbulkan A. kelangkaan B. penawaran C. permintaan D.permintaan

3. Orang atau lembaga yang melaksanakan aktivitas ekonomi disebut. A. motif ekonomi B. prinsip ekonomi C. pelaku ekonomi D. tindakan ekonomi

4. Dalam suatu perekonomian terdapat empat (4) pelaku ekonomi yaitu A. Rumah Tangga Konsumen (RTK), Rumah Tangga Produsen (RTP). Pemerintah, dan Distributor B. Perusahaan Terbatas (PT), Commanditaire Vennoostchap (CV), Firma (Fa), dan Perusahaan Perseorangan C. Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) ), dan Koperasi
D. Rumah Tangga Keluarga (RTK), Rumah Tangga Perusahaan (RTP), Rumah Tangga Negara (RTN), dan Masyarakat Luar Negeri (MLN)

5. Pemilik faktor produksi alam akan memperolah balas jasa berupa. A. bunga B. upah C. rent D. laba

6. Perhatikan diagram arus lingkar interaksi pelaku ekonomi dua sektor berikut! Penawaran terhadap barang / jasa berlangsung pada nomor A 1 B. 2 C. 3 D. 4​

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Yang tidak termasuk dalam cakupan keunggulan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah (A) teknologi.
Hal yang akan terjadi ketika suatu wilayah memiliki keunggulan atas produk tertentu adalah (C) permintaan.
Istilah untuk orang atau lembaga yang melakukan aktivitas ekonomi adalah (C) pelaku ekonomi.
Pelaku ekonomi yang ada di suatu negara adalah (D) Rumah Tangga Keluarga (RTK), Rumah Tangga Perusahaan (RTP), Rumah Tangga Negara (RTN), dan Masyarakat Luar Negeri (MLN).
Imbalan yang akan didapatkan oleh rumah tangga keluarga atas penyediaan faktor produksi yang berupa alam adalah (C) rent.
Nomor 6 tidak bisa dijawab karena tidak ada gambarnya.

Pembahasan
Pada nomor 1, pilihan (A) benar karena pada dasarnya Indonesia tidak memiliki keunggulan pada bidang teknologi. Maka dari itu, Indonesia masih sering melakukan impor untuk bisa mendapatkan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi.

Pilihan (B), (C), dan (D) salah karena merupakan keunggulan yang dimiliki oleh Indonesia.

Pada nomor 2, pilihan (C) benar karena dengan adanya keunggulan atas suatu produk maka akan mendorong terjadinya peningkatan permintaan terhadap produk tersebut karena adanya keinginan dari orang-orang untuk memiliki produk tersebut.

Pada nomor 3, pilihan (C) benar karena pelaku ekonomi adalah orang-orang yang melakukan kegiatan ekonomi di suatu daerah dan kegiatan ekonominya memiliki pengaruh terhadap kekuatan ekonomi di daerah tersebut.

Pilihan (A), (B), dan (D) salah karena:

Pilihan (A): motif ekonomi adalah hal-hal yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi.
Pilihan (B): prinsip ekonomi adalah kecenderungan seorang manusia untuk hanya menggunakan sesedikit mungkin sumber daya yang dimilikinya untuk bisa mendapatkan keuntungan atau memenuhi kebutuhan hidup sebesar-besarnya.
Pilihan (D): tindakan ekonomi adalah hal-hal yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pada nomor 5, pilihan (C) benar karena rent atau sewa adalah imbalan yang didapatkan oleh rumah tangga keluarga atas penyediaan lahan bagi rumah tangga perusahaan.

Pilihan (A), (B), dan (D) salah karena:

Pilihan (A): bunga adalah imbalan yang didapatkan oleh rumah tangga keluarga atas penyediaan faktor produksi yang berupa modal.
Pilihan (B): upah adalah imbalan yang didapatkan oleh rumah tangga keluarga atas penyediaan faktor produksi yang berupa tenaga kerja.
Pilihan (D): laba adalah imbalan yang didapatkan oleh rumah tangga keluarga atas penyediaan faktor produksi yang berupa kompetensi kewirausahaan.