Apa manfaat energi matahari? Tuliskan 3 contoh

1. Tuliskan informasi yang terdapat pada paragraf pertama!
2. Paragraf keberapakah terdapat informasi tentang sumber energi?
3. Apa manfaat energi panas matahari? Tuliskan 3
contoh!
4. Apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis?
5. Mengapa matahari disebut sebagai sumber
energi terbesar di bumi?

1. Semua benda yang menghasilkan energi disebut dengan sumber energi.

2. Paragraf 1.

3. Manfaat energi matahari:

Membantu proses fotosintesis pada tumbuhan.
Matahari merupakan sumber energi listrik.
4. Makanan dan oksigen.

5. Karena matahari bisa menghasilkan energi panas dan cahaya.

Pembahasan
Dalam kehidupan sehari-hari, makhluk hidup pasti memerlukan energi untuk melakukan berbagai macam aktivitasnya. Demikian juga dengan jenis mesin buatan manusia. Mesin juga dapat berfungsi apabila ada energi untuk menggerakkannya.

Energi yang diperoleh oleh manusia, hewan, dan tumbuhan berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya sendiri. Sementara energi yang dipakai oleh mesin, berasal dari bahan bakarnya sendiri.

Energi dibutuhkan di antaranya untuk dapat menggerakkan mobil, memanaskan dan juga untuk mendinginkan ruangan, hingga menjalankan komputer. Matahari merupakan sumber energi, energi matahari diperlukan antara lain digunakan untuk pertumbuhan tanaman dan proses siklus air.

Dalam ilmu sains sendiri bisa diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. Sedangkan, usaha itu sendiri didefinisikan dengan gaya kali jarak perpindahan benda yang dikenai gaya. Misalkan jika kita melakukan usaha terhadap sebuah batu besar dengan cara mengangkatnya. Dalam hal ini kita telah menyalurkan energi, tetapi energi ini tidak akan hilang.

Sumber Energi

1. Sumber energi tak terbarukan

Sumber energi yang tidak dapat terbaharui atau disebut dengan non-renewable yaitu sesuatu yang tidak dapat diisi atau tidak dapat dibuat kembali oleh alam dalam waktu yang singkat. Sumber energi tidak terbaharui berasal dari dalam perut bumi yang berbentuk cair, gas, dan padat. Contoh dari sumber energi tidak terbaharui antara lain adalah minyak bumi, gas alam, propane, batubara, dan nuklir.

2. Sumber energi terbarukan (Energi Alternatif)

Sumber energi terbaharui atau yang disebut dengan energi renewable adalah sumber energi yang dapat dengan cepat diisi kembali oleh alam dengan proses yang berkelanjutan. Sumber energi alternatif ini merupakan sumber energi yang dipakai sebagai bahan pengganti dari sumber energi yang tidak dapat terbaharui. Maka dari itu, semua sumber energi terbaharui disebut juga dengan sumber energi alternatif. Contoh dari sumber energi terbaharui yaitu matahari, angin, air, biomassa, dan panas bumi.