Bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah​

Bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah​

Bentuk gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah mengayun dari atas ke bawah secara bergantian yang dilakukan di dalam air.

Pembahasan
Renang gaya bebas adalah gaya renang yang dilakukan dengan posisi badan tengkurap dan sejajar dengan permukaan air. Renang gaya bebas tidak cocok dilakukan untuk jarak jauh karena renang gaya bebas membutuhkan tenaga yang besar dibandingkan gaya renang lainnya. Dalam renang gaya bebas, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap perenang agar dapat melakukan renang gaya bebas dengan baik dan benar. Teknik dasar dalam renang gaya bebas adalah.

1. Meluncur.

Teknik meluncur pada renang gaya bebas dilakukan dengan posisi badan tengkurap dan sejajar dengan permukaan air. Posisi kedua tangan lurus ke depan dan kedua kaki lurus ke belakang. Ketika meluncur, posisi badan dalam keadaan relaks.

2. Gerakan kaki.

Teknik gerakan kaki pada renang gaya bebas dilakukan dengan mengayunkan kedua kaki secara bergantian ke depan bawah. Gerakan mengayunkan kaki dilakukan di dalam air.

3. Gerakan tangan.

Teknik gerakan tangan pada renang gaya bebas dilakuka dengan mengayunkan kedua tangan ke depan atas secara bergantian. Ketika mengayunkan salah satu tangan, posisi badan di miriingkan sesuai tangan yang mengayun.

4. Pernafasan.

Teknik pernafasan pada renang gaya bebas dilakukan dengan memutar kepala hingga mulut keluar dari permukaan air. Teknik pernafasan dilakukan ketika tangan mengayun ke depan dan tubuh miring.