Perjanjian mengenai kawasan Damai,Bebas,dan netral adalah

Perjanjian mengenai kawasan Damai,Bebas,dan netral adalah

Perjanjian tentang kawasan damai, bebas, dan juga netral yaitu ialah ZOPFAN. Pengertian dari ZOPFAN yaitu ialah sebuah bentuk deklarasi yang telah bertujuan untuk dapat menciptakan sebuah stabilitas dan juga keamanan regional pada kawasan Asia Tenggara.

Pembahasan
Pengertian dari deklarasi ZOPFAN ataupun deklarasi Zone of Peace, Freedom, and Neutrality ataupun kawasan damai, bebas, dan juga netral. Deklarasi ini telah ditandatangani pada tanggal 27 November 1971 pada Kuala Lumpur, Malaysia.

Deklarasi ini telah sering pula disebut sebagai deklarasi kuala lumpur yang telah diambil dari nama lokasinya tersebut. Deklarasi ZOPFAN telah menjadi salah satu bentuk dari kerja sama yang dilakukan dengan negara ASEAN pada bidang politik dan juga keamanan.

Deklarasi ZOPFAN ini tidak hanya telah terbatas pada kawasan Asia Tenggara saja namun juga telah mencakup wilayah dari Asia Pasifik. Pada penerapaannya ini sendiri, Deklarasi ZOPFAN telah turut melibatkan sebuah peranan atas negara-negara besar.

Khususnya di dalam hal penanganan permasalahan keamanan dari kawasan Asia Tenggara. Selain itu, peran dari negara besar ini juga telah dibutuhkan sebagai sebuah voluntary self-restraints ataupun tindakan menahan diri dengan sukarela.

Deklarasi ini sendiri telah bertujuan untuk dapat menciptakan sebuah wilayah Asia Tenggara untuk dapat menjadi kawasan yang bebas, damai, dan juga netral.