Jelaskan pengertian tata surya

Jelaskan pengertian tata surya

Tata Surya adalah suatu sistem di mana benda-benda langit berputar mengelilingi satu benda langit lainnya sebagai pusatnya. Benda langit sebagai pusat tata surya kita adalah matahari. Benda langit yang mengelilinginya dengan periode dan lintasan tertentu disebut planet. Simak penjelasan berikut.

Pembahasan
Tata Surya adalah suatu sistem di mana benda-benda langit berputar mengelilingi satu benda langit lainnya sebagai pusatnya. Benda langit sebagai pusat tata surya kita adalah matahari. Matahari merupakan salah satu bintang dari miliaran bintang dalam galaksi Bimasakti. Bintang merupakan benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri.

Benda langit yang mengelilinginya dengan periode dan lintasan tertentu disebut planet. Planet yang ada di dalam tata surya kita adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus. Planet tersebut letaknya berurutan dari yang paling dekat hingg ayang paling jauh dari matahari. Planet-planet ini dapat mengitari matahari karena adanya gaya gravitasi matahari.

Dalam tata surya juga terdapat benda langit lainnya seperti satelit, asteroid, meteoroid, dan komet.

Satelit adalah benda langit yang berputar mengitari planet. Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit. Sedangkan planet lainnya memiliki minimal satu satelit. Satelit Bumi adalah bulan.

Asteroid merupakan batuan angkasa yang bergerak mengitari matahari pada lintasan antara Mars dan Yupiter. Lintasan ini disebut sabuk asteroid. Batuan asteroid jumlahnya jutaan dan ukurannya jauh lebih kecil dibanding planet.

Meteoroid merupakan batuan angkasa yang ukurannya lebih kecil daripada asteroid dan bergerak bebas tidak memiliki lintasan tertentu. Batuan angkasa yang masuk ke atmosfer bumi disebut meteor. Meteor yang mencapai permukaan bumi disebut meteorit.

Komet merupakan benda langit yang terbuat dari gas dan air yang memadat menjadi es. Komet memiliki lintasan berbentuk elips dalam mengitari matahari. Ketika komet mendekati matahari, es akan menguap sehingga tampak pada kita seperti ekor yang panjangnya mencapai ratusan kilometer.