Berikan dua contoh interaksi sosial yang merugikan masyarakat​

Berikan dua contoh interaksi sosial yang merugikan masyarakat​

Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik antara individu lain yang saling mempengaruhi. Adapun dua contoh interaksi sosial yang merugikan masyarakat adalah sebagai berikut:

Tawuran
Memfitnah dan memaki-maki
Protes besar-besaran atau demo
Menyebarkan berita hoax
Penjelasan:

Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik antara individu lain yang saling mempengaruhi. Wujud interaksi sosial dalam masyarakat dapat berupa musyawarah, gotong royong, saling sapa, saling bicara, saling menolong, dan juga main bersama. Interaksi dapat terjadi antarindividu, individu dengan kelompok, dan antarkelompok.

Interaksi Antarindividu adalah interaksi yang dilakukan oleh seseorang dengan orang lain. Interaksi ini hanya terjadi antara dua orang. Contohnya berupa hubungan jual beli, bertegur sapa, dan juga saling bicara.
Interaksi Individu dengan kelompok adalah interaksi sosial yang dilakukan oleh individu dengan kelompok. Interaksi ini melibatkan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi.
Interaksi Antarkelompok adalah interaksi yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan kelompok lainnya.
Interaksi sosial tidak selalu mengarah ke perilaku positif, ada pula interaksi sosial yang mengarah ke perilaku negatif dan merugikan masyarakat. Dalam masyarakat, proses interaksi sosial dibedakan menjadi dua yaitu interaksi mengarah ke persatuan (kerja sama) contohnya gotong royong, musyawarah atau mufakat, dan menjaga kerukunan. Ada pula interaksi yang mengarah ke perpecahan atau konflik contohnya memfitnah, tawuran, menyebarkan berita hoax, memprovokasi, penolakan, demo, memaki-maki, dan memfitnah.