Senam irama yang berasal atau beraliran seni tari dipelopori oleh

Senam irama yang berasal atau beraliran seni tari dipelopori oleh….
a. Rudolf van Laban
b. Jacques J. Dalcroze
c. Delsartes
d. William C. Morgan

Senam irama yang berasal atau beraliran seni tari dipelopori oleh Rudolf van Laban. Rudolf von Laban merupakan seorang penari, koreografer dan teoretisi dance yang sangat terkenal. Tidak hanya itu Rudolf van laban juga merupakan seorang pendiri Eropa Modern Dance.

Pembahasan :
Senam merupakan olahraga yang dapat dilakukan secara berkelompok maupun individu. Ada banyak jenis olahraga, salah satunya adalah senam ritmik. Senam ritmik adalah jenis senam yang mengutamakan keselarasan gerak dan mengikuti irama musik, lagu, dan ketukan. Senam ritmik dapat dilakukan dengan alat atau tanpa bantuan alat. Contoh alat yang biasa digunakan antara lain tongkat, simpai, tongkat, bola, pita, dan topi. Senam ritmik merupakan perpaduan antara gerakan tari dan olahraga. Unsur-unsur senam ritmik meliputi kelenturan, kesinambungan gerak, dan ketepatan ritmik. Anda dapat melakukan berbagai senam ritmik seperti berjalan, berlari, melompat, melompat, gemetar, dan berputar.

Senam ritmik yang diturunkan dari tarian yang dipelopori oleh Rudolf Laban dari tahun 1879 hingga 1958. Dia berpendapat bahwa senam ritmik melibatkan dua elemen: pakaian sukses (manusiawi) dan penguasaan gerakan. Teori dan ajaran Laban memiliki pengaruh besar di Eropa Tengah. Analisisnya tentang morfologi motorik, yang dikenal sebagai koloid, adalah sistem ilmiah impersonal yang dimaksudkan untuk diterapkan pada semua gerakan manusia, seperti labanotasi. Berdasarkan hubungan antara individu dan ruang sekitarnya, koreografi menetapkan 12 arah utama gerakan yang berasal dari figur geometris yang kompleks. Sistem teoretis lain, yang disebut eukinetik, dikembangkan untuk memberi penari lebih banyak kontrol atas gerakan dinamis dan ekspresif. Mary Wigman, salah satu muridnya dan salah satu pendiri tari modern di Eropa Tengah, mengatakan bahwa banyak koreografi dramatiknya yang diusulkan oleh Sigurd Leeder dan Laban mahasiswa Kurt Yoss. Begitu pula dengan koreografi dan eukinetika yang dikembangkan, yang didasarkan pada hubungan antara individu dan ruang, digunakan secara intensif dalam pendidikan dan koreografinya.