Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf 

Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf

Contoh cara mencari ide pokok dala bacaan:

Hari senin para siswa PKBM Pelita akan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Mereka ingin melihat keberagaman budaya Indonesia, melalui bentuk dari rumah adat yang ada di sana. Perjalanan ke TMII dilakukan dengan naik bus yang berukuran sedang ke sana dalam waktu satu jam saja.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memiliki anjungan daerah, yaitu berupa bangunan rumah-rumah adat yang mempunyai ciri khas tradisonal. Bentuk dari rumah adat dibuat sesuai dengan bangunan asli, baik ukuran, bentuk atap, dan ragam hias. Selain itu, susunan dari ruangan, bentuk jendela, tangga, dan detail lainnya juga akan dibuat sama seperti bangunan aslinya.

Setelah sampai di tepat wisataTMII tersebut, tempat pertama yang dikunjungi yaitu rumah adat dari Sumatera Barat, yaitu Rumah Gadang. Rumah ini merupakan rumah panggung, karena lantainya jauh di atas tanah. Rumah Gadang disebut juga dengan rumah Bagonjong atau rumah Gonjong karena atapnya yang berbentuk runcing. Lengkungan pada atapnya sangat mirip dengan bentuk tanduk kerbau, sedangkan badan rumahnya juga berbentuk melengkung, landai seperti badan kapal.

a. Paragraf 1

Ide pokok: Hari Senin para siswa PKBM Pelita akan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

b. Paragraf 2

Ide pokok: Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mempunyai anjungan/rumah adat yang berciri khas tradisonal.

c. Paragraf 3

Ide pokok: Tempat pertama yang akan dikunjungi oleh siswa PKBM Pelita yaitu Rumah Gadang berasal dari Sumatera Barat.

Pembahasan

Ide pokok atau gagasan pokok yang secara besar adalah berisi tentang pembahasan dari sebuah paragraf atau bacaan. Ide pokok bisa membantu para pembaca untuk lebih memahami pokok pikiran yang ingin disampaikan oleh penulis.

Ciri-ciri dari ide pokok adalah:

Mengandung pokok persoalan atau inti dari permasalahan.
Inti permasalahan tersebut disebutkan secara lebih eksplisit lagi pada kalimat yang umum atau kalimat yang utama.
Mempunyai pernyataan yang berfungsi sebagai penjelas atau pendukung.
Pernyataan yang digunakan sebagai pendukung disebutkan dalam kalimat khusus atau kalimat penjelas.