bahan kayu sebagai media dalam melukis ragam hias memiliki sifat

1. bahan kayu sebagai media dalam melukis ragam hias memiliki sifat
A.banyak menyerap air
B.keras sehingga tidak bisa dicat
C.tidak menyerap air
D.kuat

2.penerapan ragam hia5 pada tekstil di Indonesia ada beberapa motif, kecuali
A.motif flora
B.geometris
C.motif fauna
D.motif figuratif

3. Berikut teknik penambahan ragam hias pada media tekstil, kecuali
A.membatik
B.menyulam
C.menenun
D.menganyam

4. bahan rajutan terbuat dari serat
A.alam
B.galian
C.buatan
D.logam

5.sifat bahan tekstil yang terbuat dari serat wol adalah
A.menyerap keringat
B.hangat
C.ringan
D.nyaman

6.bahan tekstil yang cocok digunakan untuk pakaian kerja terbuat dari serat
A.wol
B.pisang
C.kapas
D.eceng gondok

Bahan kayu sebagai media dalam melukis ragam hias memiliki sifat (D) kuat. Kayu memang menyerap air tetapi tidak banyak. Termasuk bahan keras tetapi bisa dicat.
Penerapan ragam hias pada tekstil di Indonesia ada motif flora, fauna, dan figuratif. Yang bukan ragam hias khas Indonesia adalah (B) geometris.
Teknik penambahan ragam hias pada media tekstil antara lain membatik, menyulam, dan menenun. Sedangkan (D) menganyam tidak lazim digunakan untuk menghias bahan tekstil.
Bahan rajutan terbuat dari serat (A) alam. Bahan serat dari galian, logam, dan serat buatan tidak lentur sehingga sulit dirajut.
Sifat bahan tekstil yang terbuat dari serat wol adalah (B) hangat. Wol tidak menyerap keringat, serta kurang nyaman karena agak berat.
Bahan tekstil yang cocok digunakan untuk pakaian kerja terbuat dari serat (C) kapas. Serat kapas menyerap keringat dan sejuk dipakai. Wol sifatnya panas dan tidak menyerap keingat. Sedangkan serat pohon pisang dan eceng gondok terlalu kaku.
Penjelasan
Penggunaan bahan tekstil dalam membuat sebuah kerajinan disesuaikan dengan sifat – sifat seratnya. Serat alam yang halus, menyerap keringat, dan lentur cocok menjadi bahan pembuatan pakaian sehari- hari. Contohnya serat kapas yang menghasilkan bahan katun cocok untuk membuat baju kerja dan pakaian santai. Sedangkan serat wol walaupun dari alam, sifatnya tidak sejuk dan tebal cocok menjadi mantel.