Jam berapa dimulainya sholat jum’at

Jam berapa dimulainya sholat jumat

Adapun pelaksanaan sholat Jum’at dalam agama Islam biasanya pelaksanaannya bertepatan pada hari Jum’at menjelang waktu Zuhur yaitu waktu dari siang atau tergelincirnya matahari hingga menjelang petang. Akan tetapi sebagaimana yang terjadi di Indonesia pelaksanaan sholat Jum’at berdasarkan jam terletak pada waktu 12.30 hingga 13.30 atau bisa berbeda-beda tiap wilayah ataupun tiap tempat pelaksanaan tergantung situasi dan kondisi.

Pembahasan

Pada dasarnya sholat Jum’at adalah suatu bentuk kewajiban bagi umat Islam yang berjenis kelamin laki-laki perbedaan sholat Jumat dengan sholat lainnya atau sholat wajib lainnya yaitu :

Bagi kaum laki-laki sholat Jum’at dijadikan sebagai sholat pengganti sholat wajib atau sholat kedua yaitu Zuhur dari lima sholat wajib lainnya.
sholat Jum’at hampir sama bentuk gerakan sholatnya dengan sholat sunah dan sholat wajib lainnya kemudian jumlah rakaatnya juga sama yaitu dua rakaat namun hal khususnya adalah penetapan harinya yaitu hanya di hari Jum’at.
sholat Jum’at harus wajib mendengarkan dengan baik khutbah Jum’atnya tidak boleh berbicara atau melakukan aktivitas lainnya ketika sedang terjadi proses khutbah di mimbar mesjid karena diyakini bahwa khutbah adalah syarat wajib dalam pelaksanaan sholat Jum’at.
Waktu dan jam pelaksanaan sholat jum’at tiap daerah memiliki perbedaan hal ini dikarenakan perputaran bumi berbeda tiap wilayah untuk itulah secara geografis Indonesia khususnya memiiki tiga waktu yaitu WIT, WIB dan WITA setiap waktu wilayah berbeda waktu untuk itu pada saat pelaksanaan sholat jum’at dikaitkan dengan waktu zuhur sebagai kunci jam atau satuan waktu pelaksanaanya.