Kehidupan sosial budaya Indonesia adalah​

Kehidupan sosial budaya Indonesia adalah​

Sosial budaya Indonesia merupakan suatu totalitas nilai, tata sosial dan tata laku manusia Indonesia yang memiliki keinginan untuk mewujudkan pandangan hidup dan falsafah Negara Indonesia.

Pembahasan

Budaya merupakan asas yang melandasi pola pikir, tindakan, fungsi struktur dan proses sistem sosial budaya Indonesia yang di implementasikan haruslah merupakan perwujudan dari Undang-undang Dasar 1945. Sosial budaya menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang mana akan menjadi pengenalan bangsa sendiri terhadap bangsa Indonesia. Adapun keadaan sosial budaya Indonesia adalah sebagai berikut:

Indonesia memiliki 6 Agama yaitu agama Islam, agama Kristen, agama Katolik, Budha, Hindu dan Konghucu yang walaupun berbeda-beda Indonesia tetap bersatu karena menghargai agama satu dengan lainnya.
Mayoritas di Indonesia memeluk agama Islam tanpa paksaan
Indonesia bersatu dengan budaya yang berbeda sebagai bentuk apresiasi diri sendiri. Terdapat budaya daerah yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia seperti Rumah adat setiap daerah, misalnya rumah gadang, rumah joglo khas jawa tengah dan rumah panjang khas Kalimantan. Selain itu ada juga Upacara adat sepertuiruwatan untuk menyucikan orang dari kesialan dan upacara ngaben di Bali dengan melakukan kremasi jenazah. Budaya selanjutnya adalah Pakaian adat dan tarian adat serta alat musik, senjata tradisional dan Makanan khas daerah yang sampai bisa di bawa ke mancanegara yang ada di seluruh dunia