Tembung lantip tegese adalah

Tembung lantip tegese adalah

Tembung lantip tegese pinter atau cerdas. Ing basa Jawa kalimat iku kelebu kalimat jawa krama alus.

Pembahasan Tembung lantip tegese
Dalam bahasa Jawa memiliki beberapa macam unggah-ungguh basa jawa. Unggah-ungguh basa jawa tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

Tingkat ngoko (Ragam ngoko) merupakan bentuk unggah-ungguh basa jawa yang dimana berintikan ngoko atau yang menjadi unsur inti di dalam ragam ngoko itu sendiri bukan ngoko yang lain. Ragam ngoko dibagi menjadi dua bentuk varian:
Ngoko lugu merupakan semua kosakata yang berbentuk ngoko dan netral tanpa terselip krama, krama inggil, atau krama andhap, baik untuk orang pertam, kedua, maupun ketiga.
Ngoko alus merupakan bentuk unggah-ungguh yang dimana didalamnya bukan hanya terdiri atas ngoko dan netral saja, melainkan juga terdiri dari krama inggil, krama andhap, atau krama yang muncul didalam ragam ini sebenarnya hanya digunakan untuk menghormati mitra wicara.
Tingkat krama (Ragam Krama) merupakan bentuk unggah-ungguh bahasa Jawa yang dimana berintikan krama atau yang menjadi unsur inti didalam ragam krama adalah kreama bukan yang lainnya. Ragam krama mempunyai dua bentuk varian diantaranya sebagai berikut :
Krama lugu merupakan suatu bentuk ragam krama yang dimana kadar kehalusannya rendah. Namun, jika dibandingkan dengan ngoko alus, ragam krama lugu tetap menunjukkan kadar kehalusan
Krama alus merupakan bentuk unggah-ungguh bahasa Jawa yang dimana semua kosakatanya terdiri dari krama dan dapat ditambah dengan krama inggil atau krama andhap