Jarak antara nada yang satu ke nada lain disebut?

Jarak antara nada yang satu ke nada lain disebut?

Jarak antara satu nada dengan nada lainnya disebut dengan istilah interval. Istilah interval tersebut merupakan hal yang penting dalam musik.

Pembahasan

Dalam musik, interval nada merupakan hal yang amat penting. Hal tersebut disebabkan karena interval nada memiliki kaitan yang erat dengan tangga nada yang menjadi dasar utama dalam musik. Keindahan dari musik sendiri pun ditentukan dengan penggunakan interval nada yang baik dan tepat.

Interval nada dapat diartikan sebagai jarak antara suatu nada dan nada lainnya. Jarak pada satu interval nada memiliki dua jenis nilai, yaitu ½ dan 1 saja. Berikut nilai interval pada setiap nadanya.

1 2 3 4 5 6 7 i

Do Re Mi Fa Sol La Si Do

1 1 ½ 1 1 1 ½

Berdasarkan penjelasan interval antarnada tersebut, diketahui bahwa jarak keseluruhan interval tersebut atau dari C ke C’ memiliki nilai 6. Jarak dari C ke C’ disebut dengan oktaf.

Seperti halnya jarak interval yang berbeda, penamaan antara interval nada juga berbeda-beda. Berikut penamaan dari setiap interval nada tersebut.

C’ ke C’, yakni langkah ke-1 yang dinamai dengan prime atau prim.
C’ ke D’, yakni langkah ke-2 yang dinamai dengan secondo atau sekon.
C’ ke E’, yakni langkah ke-3 yang dinamai dengan terts.
C’ ke F’, yakni langkah ke-4 yang dinamai dengan kuart atau quart.
C’ ke G’, yakni langkah ke-5 yang dinamai dengan kuin atau quin.
C’ ke A’, yakni langkah ke-6 yang dinamai dengan sekst.
C’ ke B’, yakni langkah ke-7 yang dinamai dengan septim.
C’ ke C’’, yakni langkah ke-8 yang dinamai dengan oktaf.
Berbagai interval nada tersebut kemudian dibagi menjadi dua, yaitu mayor dan minor. Interval mayor memiliki pola 1 – 1 – ½ – 1 – 1 – 1 – 1 – ½. Jenis interval yang tergoolong dalam interval mayor terdiri dari second dan terts.

Sementara itu, interval minor memiliki pola nada 1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1 – 1. Jenis interval yang tergolong interval minor adalah sekt dan septime. Di samping interval mayor dan minor, dikenal pula istilah interval perfect atau murni terdiri dari prime, kwart, kwint, dan oktaf.