Sebutkan informasi yang perlu ditampilkan dalam peta​

Sebutkan informasi yang perlu ditampilkan dalam peta​

Jawaban:

Informasi yang harus ditampilkan dalam peta adalah :

1. Judul peta, yaitu bagian yang paling penting karena menginformasikan isi yang ada dalam sebuah peta. Biasanya diletakkan di atas tengah atau samping di atas informasi yang lain.

2. Skala, yaitu perbandingan dari jarak di peta dengan jarak yang sebenarnya. Skala bisa berisi skala angka atau skala garis. Harus ditampilkan dalam peta karena agar bisa mengetahui informasi jarak dan luas lahan

3. Garis Tepi, yaitu garis yang berada di pinggir peta dan terdiri dari dua jenis yaitu garis tipis dan tebal. Garis ini berfungsi untuk menjaga keindahan dan sebagai ujung dari garis astronomi yang ada di peta.

4. Orientasi, yaitu arah mata angin. Untuk menginformasikan mengenai arah dari suatu penampakan di peta. Biasanya arah utara menunjuk ke atas dari peta.

5. Garis astronomis, yaitu garis khayal yang menginformasikan tentang posisi letak lintang dan bujur dari sebuah peta. Hal ini penting agar tahu posisi terhadap permukaan bumi.

6. Lettering, yaitu tata cara penulisan. Penulisan informasi pada peta harus sama diantara peta yang ada di dunia. Hal ini untuk memudahkan pembaca melihat dan menganalisis peta

7. Warna, yaitu pemberian warna terhadap penampakan yang ada di permukaan bumi. Pemberian warna ini juga ada standar baku internasional. Hal ini juga bertujuan untuk memudahkan dalam pembacaan terhadap penampakan dalam peta.

8. Simbol, yaitu sebuah tanda yang ada di dalam peta untuk memudahkan pembacaan dalam peta. Selain itu pemberian simbol juga agar peta nyaman untuk dibaca.

9. Legenda, yaitu keterangan untuk menjelaskan simbol yang sudah ada di dalam peta. Hal ini juga berguna dalam kemudahan membaca peta.

10. Sumber dan tahun pembuatan

yaitu merupakan informasi tentang dari mana saja sumber dari pembuatan peta dan juga tahun berapa diproduksi. Hal ini menjadi penting karena agar ketika terjadi perubahan bisa lebih mudah untuk melihat perkembangannya.

11. Inset, yaitu sebuah peta kecil yang diletakkan di dalam peta besar yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai bagian wilayah yang tidak masuk ke dalam peta.