Jelaskan pengertian kompetisi dalam kebaikan

Jelaskan pengertian kompetisi dalam kebaikan , etos kerja dan toleransi?

∴ KOMPETISI DALAM KEBAIKAN ∴

Kompetisi dalam kebaikan artinya adalah berlomba-lomba untuk senantiasa melakukan kebaikan. Berlomba-lomba dalam kebaikan ini oleh umat islam dikenal dengan istilah fastabiqul khoirot.

Istilah ini sendiri diambil langsung dalam Surah Al Baqrah ayat 148. Mereka yang senantiasa aktif melakukan kebaikan disebut sebagai golongan Sabiqun Bil Khairat.

∴ ETOS KERJA ∴

Secara umum, etos kerja diartikan sebagai semangat kerja, sikap & pandangan kerja yang total, ciri atau sifat yang dipunyai seseorang atau kelompok/bangsa dalam bekerja dan lain lain.

Sementara itu, dalam konteks islam, ETOS KERJA diartikan sebagai semangat juga sikap kerja yang total dilandasi niatan Lillahita’ala sehingga pekerjaan tersebut tak hanya mendatangkan materi semata melainkan juga amalan baik di mata Allah.

∴ TOLERANSI ∴

Dalam KBBI, kata Toleransi diartikan sebagai sifat atau sikap menenggang/menghargai/membiarkan/membolehkan pendirian atau pendapat, pandangan, kepercayaan, kelakuan, kebiasaan dan sebagainya yang berbeda ataupun bertentangan dengan pendirian diri sendiri.

Dalam Islam, toleransi disebut dengan istila TASAMUH yang secara harfiah diartikan sama sama berlaku baik, lemah lembut dan saling pemaaf. Secara umum, TASAMUH diartikan sebagai sikap terpuji dalam pergaulan yang melibatkan penghargaan terhadap perbedaan sesama manusia dalam batas yang digariskan oleh agama.