500ml sama dengan berapa gelas air minum

500ml sama dengan berapa gelas air minum

500 mL sama dengan sekitar 2 gelas air minum ukuran standar. Ukuran gelas standar yang biasa digunakan untuk takaran kuliner adalah 250 mL atau 250 cc yang biasa disebut sebagai gelas belimbing.

Pembahasan
Kebutuhan air tiap orang bisa berbeda-beda, namun kita tentu sering mendengar anjuran kesehatan agar minum air putih 8 gelas per hari. Kebutuhan minum air putih bisa kurang atau melebihi aturan ini. Namun, pada umumnya minum air putih 8 gelas sehari dapat mencukupi kebutuhan air banyak orang. Jumlah gelas tersebut semata-mata supaya mudah untuk diingat dalam menjaga cairan tubuh kita sehingga terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Nah, perhatikan bahwa minum air putih 8 gelas per hari setara dengan sekitar 2 liter air. Mengapa? Ukuran gelas standar yang biasa digunakan untuk takaran kuliner adalah 250 mL (mililiter) atau 250 cc (centimeter cubic) yang biasa disebut sebagai gelas belimbing. Jadi, apabila kita ikuti anjuran minum air minimal 8 gelas per hari berarti kebutuhan air minimal adalah 250 mL x 8 = 2.000 mL atau 2 liter.

Perlu diketahui bahwa gelas belimbing tidak hanya digunakan sebagai wadah untuk minum, tetapi juga umum digunakan dalam mengukur atau menakar berbagai macam bahan baku makanan misalnya dalam pembuatan kue seperti gula pasir, terigu, susu, santan, dan sebagainya.

Jadi, 500 mL sama dengan berapa gelas air minum? 500 ml dibagi 250 mL per gelas adalah 2 gelas air minum.