Apakah tumbuhan memerlukan makanan?

Apakah tumbuhan memerlukan makanan? Jelaskan dengan contoh

Tentu saja tumbuhan memerlukan makanan sebab tumbuhan termasuk ke dalam kelompok makhluk hidup yang membutuhkan nutrisi dalam mendukung kehidupan baik itu pertumbuhan maupun perkembangannya. Contoh yang membuktikan tumbuhan membutuhkan nutrisi adalah tanaman yang tidak disiram dengan air akan layu dan mati, tanaman yang dipupuk dengan baik akan tumbuh subur dan lebat.

» Pembahasan
Salah satu ciri makhluk hidup yang membedakannya dari makhluk mati atau benda mati adalah memerlukan nutrisi atau makanan. Adapun ciri-ciri makhluk hidup lainnya adalah:

Berkembang biak
Mampu beradaptasi
Bergerak
Bernapas
Peka terhadap rangsangan
Mengeluarkan zat sisa
Tumbuhan sebagai makhluk hidup sendiri dalam rantai makanan berkedudukan sebagai PRODUSEN sebab mampu menghasilkan makanannya sendiri melalui proses bernama fotosintesis. Fotosintesis ini menghasilkan dua unsur utama yakni C6H12O6 atau glukosa dan juga oksigen. Glukosa ini kemudian yang menjadi sumber energi penyokong aktifitas tumbuhan baik itu pertumbuhan maupun perkembangannya. Tumbuhan yang tidak mendapatkan cukup air akan sulit melaksanakan fotosintesis sehingga pada tahapan tertentu menjadi layu dan mati. Demikian pula tumbuhan yang tidak dipupuk dengan baik cenderung tidak maksimal pertumbuhan dan perkembangannya sebab tidak mendapat nutrisi memadai untuk mendukung aktifitas kehidupannya.