Efek rumah kaca sebagai masalah lingkungan secara global terjadi

Efek rumah kaca sebagai masalah lingkungan secara global terjadi karena adanya kenaikan…

Efek rumah kaca sebagai masalah lingkungan secara global terjadi karena adanya kenaikan… kadar gas rumah kaca di atmosfer, terutama gas karbon dioksida (CO2). Akibatnya gas ini menyerap panas radiasi sinar matahari dan menyebabkan kenaikan suhu di bumi.

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Pembahasan:

Efek rumah kaca (greenhouse effect) adalah penyerapan panas radiasi sinar matahari oleh gas rumah kaca (greenhouse gas) di atmosfer bumi, yang disebabkan pembakaran bahan bakar fosil dan aktifitas manusia lainnya. Pembakaran bahan bakar fosil mengeluarkan gas karbon dioksida (CO2) yang merupakan gas rumah kaca dengan dampak dan jumlah terbesar.

Gas rumah kaca ini akan menyerap panas dari sinar matahari, yang berbentuk radiasi inframerah. Akibatnya, panas tidak bisa lepas dari atmosfer dan menyebabkan meningkatnya suhu, dan menyebabkan terjadinya pemanasan global (global warming).

Dampak dari pemanasan suhu atmosfer adalah meningkatnya uap air yang berada di udara sebelum bisa menjadi titik-titik hujan. Akibatnya, curah hujan berkurang dan terjadi kekeringan dan kemarau panjang.

Kekeringan dan kemarau ini akan menyebabkan kebakaran hutan, seiring dengan berubahnya pola hujan.

Karena pengumpulan uap air meningkat, maka akibat pemanasan hujan yang terjadi bila turun juga menjadi lebih deras, dan dapat menyebabkan terjadinya banjir.

Pemanasan global juga menyebabkan melelehnya lapisan es di kutub serta mencairnya gletser yang berada di pegunungan tinggi, yang menyebabkan naiknya permukaan laut.