Angin darat dan angin laut termasuk contoh perpindahan panas

Angin darat dan angin laut termasuk contoh perpindahan panas secara

Angin darat dan angin laut termasuk contoh perpindahan panas secara konveksi. Perpindahan panas secara konveksi adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan partikel zat.

Pembahasan
Perpindahan panas adalah berpindahnya panas dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Perpindahan panas disebut juga dengan kalor. Perpindahan panas dapat melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.

Perpindahan panas secara konduksi adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara. Sedangkan perpindahan panas secara radiasi adalah cara perindahan panas dengan pancaran.

Angin darat dan angin laut termasuk contoh perpindahan panas secara koneksi karena udara di darat pada malam hari lebih cepat dingin daripada udara di laut, sehingga udara yang berada di atas laut akan naik dan udara dari darat akan menggantikan posisi udara yang naik tadi. Sedangkan angin laut terjadi karena pada siang hari daratan lebih cepat panas dibandingkan di laut, sehingga udara di darat akan naik dan udara dari laut akan mengalir ke darat menggantikan tempat udara yang naik tadi.