Jelaskan rangkaian gerakan tolak peluru !

Jelaskan rangkaian gerakan tolak peluru !

Rangkaian gerakan tolak peluru terdiri dari awalan, tolakan, dan akhiran.

Penjelasan:
Tolak peluru adalah salah satu bentuk olah raga yang dilakukan dengan cara melemparkan bola logam dengan cara didorong sekeras mungkin hingga bola logam melambung jauh. Gerakan tolak peluru dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu awalan, tolakan dan akhiran.

Dengan Jual Foto Online, Kamu Bisa Dapat Cuan. Ini Caranya!

Aplikasi Neo Plus Resmi OJK, Bisa Hasilkan Uang

Cara Menghasilkan Uang dengan Game Penghasil Uang

Awalan

Sikap awalan ini dimulai dari memegang bola dan ancang-ancang untuk menolak peluru. Teknik dasar yang terlibat dalam sikap awalan adalah teknik memegang bola dan teknik menyimpan bola. Dalam tolak peluru, bola dipegang dengan tangan dalam keadaan jari-jari tangan terbuka lebar sehingga tangan dapat menggenggam bola dengan mantap. Lalu bola diletakkan di batas leher dan pundak, yaitu di bawah telinga. Setwlah itu, ambil ancang-ancang dengan mencondongkan dan membalikkan badan ke sisi tubuh tempat bola ditempatkan.

Tolakan

Tolakan dilakukan dengan melakukan kebalikan dari ancang-ancang, yaitu menarik dan memutar badan kembali ke arah tolakan, Setelah badan berputar dan kembali ke posisi semula, dorong bola hingga terlempar. Dorongan dapat dilakukan baik dengan satu tangan ataupun dua tangan.

Akhiran

Setelah bola ditolak, tubuh akan berada dalam keadaan condong ke depan. Dalam petandingan asli, bada atlit tidak boleh jatuh di luar area yang ditentukan. Maka, gerakan akhiran terdiri dari gerakan untuk menyeimbangkan tubuh yang berada dalam kondisi condong ke depan ini.