Pukulan smash dilakukan pada saat bola

Pukulan smash dilakukan pada saat bola

Dalam olahraga berbasis net, gerakan smash merupakan senjata utama dalam meraih poin. Smash merupakan gerakan memukul bola dengan kecepatan tinggi dan menusuk ke bawah sehingga menghasilkan bola yang bergerak cepat dan deras sehingga seringkali sulit diantisipasi oleh lawan.

Penjelasan:

Untuk melakukan pukulan smash, diperlukan sebuah gerakan arah bola yang melambung, baik di sisi kiri, kanan ataupun tepat diatas kita. Di saat bola melambung inilah, kesempatan kita untuk melakukan smash harus dimaksimalkan. Berikut ini ada sejumlah tips untuk melakukan smash mematikan untuk sejumlah cabor yang menggunakan net.

Bulutangkis : Saat melakukan smash, baik dari sisi dekat net ataupun sisi jauh, usahakan tempatkan bola di area yang jauh dari jangkauan lawan atau arahkan pukulan smash ke bagian badan lawan yang umumnya membuat lawan sedikit kelabakan.
Tennis : kurang lebih tak jauh berbeda dengan bulutangkis namun karena tennis menggunakan bola yang memungkinkan terjadinya pantulan yang dapat lebih mudah diantisipasi lawan jika masih dalam jangkaun pemain lawan, maka smash yang ideal adalah menempatkan bola smash ke titik-titik yang mendekati garis luar sehingga lebih sulit bagi lawan untuk mengembalikan bola.
Bola Voli: untuk cabang ini, pukulan smash terbaik adalah pukulan yang tajam mengarah pada area pertahanan lawan yang kosong atau dekat dengan garis batas luar.