cat yang digunakan untuk mengilapkan kerajinan tempurung kelapa

Jenis cat yang digunakan untuk mengilapkan kerajinan tempurung kelapa yaitu ….
A. cat minyak C. cat asturo

B. cat acrylic D. cat vernis

Jenis cat yang digunakan untuk mengilapkan kerajinan tempurung kelapa yaitu cat vernis (D). Bahan baku vernis atau pernis berasal dari resin yaitu getah tumbuhan. Getah tumbuhan yang menghasilkan resin antara lain pohon pinus. Pohon pinus juga dimanfaatkan kayunya sebagai bahan korek api. Sehingga pohon pinus merupakan sumber daya alam hayati yang dapat diperbaharui.

Pembahasan
Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dan kepentingan hidup manusia sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup manusia.

Sumber daya alam (SDA) ada yang bersifat tidak dapat habis dan ada juga yang dapat habis. Oleh karena itu sebagai manusia mempunyai kewajiban untuk memelihara dan menjaga sumber-sumber daya yang ada di bumi ini.

Sumber daya alam terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

A. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sumbernya

1. Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati atau biotik merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup seperti tumbuhan-tumbuhan dan hewan.

2. Sumber Daya Alam Non-Hayati

Sumber daya alam non hayati (abiotik) merupakan sumber daya alam yang berasal dari benda mati seperti bahan tambang, air dan batu-batuan.

Pelajari lebih lanjut tentang pelestarian alam di: brainly.co.id/tugas/25983233.

B. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

1. Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable) adalah jenis sumber daya alam yang dapat digunakan secara berulang-ulang. Sumber daya alam tersebut tidak akan habis meski digunakan secara terus menerus. Akan tetapi SDA ini perlu pelestarian, misalnya penanaman pohon kembali (reboisasi).

 

Contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui diantarnya adalah:

a. Tumbuhan

b. Hewan

c. Tanah

d. Air

2. Sumber Daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah jenis sumber daya alam apabila digunakan secara terus-menerus dapat habis. Contoh yang termasuk kedalam jenis tersebut umumnya adalah barang- barang yang berasal dari perut bumi atau barang tambang.

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui diantaranya:

a. Batubara

b. Jenis Jenis Logam (Besi,emas, tembaga, aluminium).

c. Minyak Bumi.