Apa saja persendian pada rangka manusia?

Apa saja persendian pada rangka manusia?Tuliskan contoh sendi-sendi tersebut!

Persendian pada rangka manusia contohnya adalah sendi engsel, sendi pelana, sendi putar, sendi peluru dan sendi geser. Contoh sendi-sendi tersebut adalah sendi engsel di siku, sendi pelana di antara jempol tangan dengan telapak tangan, sendi putar di antara tengkorak dengan tulang atlas, sendi peluru di bahu dan sendi geser di tulang pergelangan tangan.

Pembahasan
Alat gerak pada manusia yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Tulang merupakan alat gerak pasif. Sedangkan otot merupakan alat gerak aktif.

Sendi atau artikulasi merupakan penghubung antar tulang. Sendi tersusun atas beberapa bagian yaitu ligament, membrane synovial, dan minyak synovial.

Ligament sendi tersusun atas jaringan ikat padat yang menguatkan struktur sendi, biasanya berwarna putih keruh dan sifatnya sangat liat.

Membrane synovial dan minyak synovial berfungsi untuk melumasi sendi agar saat terjadi pergerakan antar dua tulang tidak saling menggerus. Jika minyak synovial mengalami gangguan maka akan terjadi penipisan lapisan tulang karena saling menggerus.

Terdapat beberapa tipe sendi antara lain:

Sinartrosis yang terdiri atas sinfibrosis contohnya yaitu sendi tengkorak dan sinkondrosis contohnya yaitu sendi antara tulang dada dengan tulang rusuk.
Amfiartrosis contohnya yaitu sendi antar tulang belakang.
Diartrosis contohnya yaitu sendi engsel di siku, sendi pelana di antara jempol tangan dengan telapak tangan, sendi putar di antara tengkorak dengan tulang atlas, sendi peluru di bahu dan sendi geser di tulang pergelangan tangan.