Mengapa batu dan buku dikatakan sebagai benda padat?​

Mengapa batu dan buku dikatakan sebagai benda padat?​

Batu dan buku termasuk kedalam benda padat karena memiliki bentuk dan ukuran yang tetap atau tidak berubah-ubah.

Penjelasan:
Benda merupakan segala sesuatu yang keberadaannya terdapat di alam yang memiliki wujud, baik digunakan ataupun tidak digunakan oleh manusia. Terdapat beberapa benda yang berasal dari alam dan langsung digunakan oleh manusia. Terdapat pula benda yang masih harus diolah dulu, atau dijadikan karya seni agar dapat dinikmati oleh manusia. Berdasarkan jenisnya, benda terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

Benda Padat
Merupakan benda yang berbentuk tetap atau tidak berubah-ubah. Benda ini tidak tergantung pada tempat atau wadah penampungnya. Contoh: batu, kayu kertas, dll. Namun ada beberapa benda padat yang dapat berubah wujudnya seperti tanah liat yang bersifat lunak, tapi saat sudah dibakar akan berubah wujud menjadi keras dan tidak dapat diubah yaitu keramik.

Benda Cair
Merupakan benda yang dapat berubah mengikuti tempat atau wadah penampungnya. Ben da cair dapat dipegang, tapi tidak dapat dibawa secara langsung (harus ada wadah penampungnya). Contoh: air, susu, kecap, sirup, dll.

Benda Gas
Merupakan benda yang sama dengan benda cair yaitu dapat berubah mengikuti tempat atau wadah penampungnya. Hal yang membedaknnya adalah gas tidak dapat dipegang. Disisi lain gas tidak memiliki warna dan bau. Contoh: asap, oksigen, angin kentut, dll.