Lagu tanah airku dinyanyikan dengan tempo

Lagu tanah airku dinyanyikan dengan tempo

Salah satu unsur utama yang sangat penting dalam penciptaan suatu lagu adalah tempo. Tempo yang digunakan pada lagu Tanah Airku yang merupakan salah satu lagu yang diciptakan oleh Ibu Soed adalah Largo atau lambat, yaitu 44 hingga 48 ketukan per menit.

Pembahasan
Seni musik adalah salah satu bentuk dari seni audio yang karya seninya terbentuk dari gabungan suara dan juga bunyi yang diolah dengan sedemikian rupa hingga bisa menjadi satu kesatuan yang terdengar indah dan juga harmonis. Oleh karena itu, suara dan bunyi ini juga menjadi media yang digunakan oleh para komponis untuk menyampaikan ekspresi keindahan dan juga gejolak jiwanya. Selain suara atau bunyi, unsur utama dalam seni musik yang juga memiliki peranan sangat penting dalam penciptaan suatu lagu adalah tempo.

Tempo adalah unsur utama dalam seni musik yang menentukan kecepatan dari setiap ketukan yang digunakan pada seni musik. Tempo yang digunakan pada suatu lagu harus bisa disesuaikan dengan tema dan juga pesan yang ada pada suatu lagu karena penggunaan tempo bisa menciptakan kesan yang berbeda-beda pada suatu lagu. Sebagai contoh, lagu Tanah Airku ciptaan Ibu Soed adalah salah satu lagu yang memiliki kesan tenang dan juga khidmat. Oleh karena itu, tempo yang digunakan adalah tempo yang cenderung lambat, yaitu Largo. Lagu ini tidak akan cocok apabila menggunakan tempo cepat karena tempo cepat biasanya digunakan pada lagu-lagu yang bersemangat atau riang gembira.