Mengapa jepang tampak begitu mudah memasuki kepulauan indonesia

Mengapa jepang tampak begitu mudah memasuki kepulauan indonesia secara merata ?

Jepang tampak begitu mudah memasuki kepulauan Indonesia secara merata karena:

Adanya anggapan bahwa Jepang merupakan saudara tua.
Adanya anggapan bahwa Jepang datang ke Indonesia untuk menolong Indonesia agar terlepas dari penjajahan Belanda.
Sikap Jepang yang sangat tidak menyukai Belanda.
Pembahasan
Berkembangnya Jepang sebagai negara industri dan keinginannya untuk menjadi negara imperalis merupakan salah satu faktor yang menyebabkan Jepang ingin mencari daerah-daerah baru yang memiliki kekayaan alam melimpah yang dapat mendukung cita-cita dan ambisi negaranya. Pemilihan Indonesia dilatarbelakangi oleh sumber kekayaan alam Indonesia yang melimpah.

Untuk mewujudkan keinginannya menguasai Indonesia maka sebelum kedatangannya ke Indonesia, Jepang mengirimkan mata-mata ke Indonesia bertahun-tahun sebelumnya untuk mengetahui perkembangan dan kondisi yang terjadi di Indonesia.

Kedatangan Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 pada awalnya mendapatkan sambutan yang sangat baik dari Indonesia. Hal ini disebabkan oleh:

Kepercayaan bangsa Indonesia terhadap ramalan Jayabaya yang mengatakan bahwa akan datang bangsa berkulit kuning dan berperawakan kecil yang akan menyelamatkan Indonesia. Ramalan ini merujuk kepada bangsa Jepang yang memang memiliki perawakan lebih kecil dibanding bangsa Eropa dan berkulit kuning. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia menganggap Jepang sebagai “saudara tua”, selain sama-sama berasal dari benua Asia.
Jepang menunjukkan bahwa mereka sangat membenci Belanda yang menguatkan anggapan bahwa Jepang akan membantu Indonesia untuk memperoleh kemerdekaannya.
Jepang melancarkan propaganda-propaganda yang bertujuan untuk meraih simpati rakyat Indonesia, di antaranya: Radio Tokyo senantiasa memutar lagu Indonesia Raya berdampingan dengan lagu Kimigayo, Indonesia diizinkan untuk mengibarkan bendera Merah Putih di samping bendera Jepang, Hinomaru, Jepang berjanji akan membantu Indonesia untuk terbebas dari penjajahan dan memajukan kesejahteraan rakyat Indonesia, pembentukan organisasi pergerakan yaitu Gerakan Tiga A (3A).