Apa yang bisa kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?

Apa yang bisa kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?

awaban pendek:

 

Kesimpulan tentang perambatan bunyi:

– bunyi merambat sebagai sebuah gelombang

– bunyi memerlukan medium untuk merambat

– cepat rambat bunyi tergantung medium

 

Jawaban panjang:

 

– bunyi merambat sebagai sebuah gelombang

 

Bunyi adalah gelombang longitudinal yang merambat dari sumber suara, melalui medium rambat hingga sampai ke telinga kita.

 

Bunyi dihasilkan oleh getaran benda yang dsebut sumber bunyi, misalnya getaran senar gitar ketika dipetik atau getaran drum ketika ditabuh.Getaran ini memiliki energi. Energi ini akan menyebabkan medium sekitarnya untuk ikut bergetar dan menyebarkan bunyi dalam bentuk gelombang.

 

Gelombang ini merambat melalui medium dengan melakukan kontraksi (pemampatan) dan ekspansi (pengembangan) medium rambat bunyi. Energi dari bunyi merambat bersama dengan gelombang bunyi ini.

 

Sebagai sebuah gelombang, bunyi memiliki frekuensi gelombang, kecepatan rambat gelombang, dan amplitudo atau panjang gelombang.

 

Sebagai gelombang pula, bunyi dapat dipantulkan (refraksi), bisa terjadi interferensi (percampuran gelombang) dan resonansi (getaran benda akibat gelombang bunyi).

 

– bunyi memerlukan medium untuk merambat

 

Bunyi memerlukan medium untuk merambat, karena getaran bunyi memerlukan medium untuk menghantarkan gelombangnya. Karena itu bunyi tidak dapat didengar di ruang hampa udara (vakum) karena tidak ada medium rambat bunyi di sini. Hal ini berbeda dengan cahaya yang bisa merampat pada ruang hampa.

 

– cepat rambat bunyi tergantung medium

 

Kecepatan rambat bunyi di berbagai medium berbeda-beda. Semakin padat mediumnya, maka semakin cepat getaran gelombang bunyi merambat, dan semakin pula bunyi. Pada medium udara, kecepatan bunyi adalah sekitar 340 m/s, sedangkan pada air, kecepatan rambat bunyi adalah sekitar 150 m/s.