Birama ditandai dengan…

Birama ditandai dengan… ​
Birama ditandai dengan bilangan pecahan.

Pembahasan
Birama adalah sebuah tanda yang ditunjukkan dengan bilangan pecahan dan berfungsi untuk menentukan jumlah nilai ketukan pada setiap garis birama. Secara sederhana, birama adalah ketukan-ketukan yang terjadi secara berulang-ulang dan tiap biramanya dipisahkan oleh garis vertikal. Garis vertikal inilah yang dikenal sebagai garis birama. Birama biasanya diletakkan di awal partitur musik.

Seperti yang telah dikatakan, birama ditandai dengan bilangan pecahan sehingga tanda birama memuat dua angka, di bagian atas dan bawah. Angka pembilang mengindikasikan jumlah ketukan pada tiap ruas birama. Sementara itu, angka penyebut mengindikasikan satuan nilai not yang dijadikan sebagai patokan tempo. Dengan begitu, birama 4/4 dapat diartikan bahwa terdapat 4 not dalam 4 ketukan atau terdapat 4 not yang nilainya 1/4. Dalam birama 2/4 artinya ada 2 nada dalam 4 ketuk, dan semacamnya. Birama biasanya bernilai 1/4, 2/4, 3/4, dan 4/4.

Di samping birama, terdapat salah satu komponen dalam lagu yang mungkin bisa membuatmu terkecoh, yakni irama atau ritme. Perlu dicatat bahwa kedua unsur tersebut berbeda. Irama merujuk pada panjang pendeknya susunan nada-nada melodi dari sebuah lagu, yang biasa dilihat dari penggalan-penggalan nada. Umumnya ritme bergulir sejalan dengan birama atau ketukan maupun ayunan yang berulang-ulang dan terjadi secara teratur dalam waktu yang bersamaan.

Selain birama dan ritme, ada beberapa komponen lain dalam lagu yang perlu kita ketahui. Berikut adalah unsur-unsurnya:

Tangga nada
Susunan nada yang urutannya membentuk tangga. Tangga nada terbagi menjadi dua jenis, yakni tangga nada diatonik dan pentatonik. Garis birama dalam musik pentatonis biasanya jarang ditemukan.

Harmoni
Keselarasan seluruh nada yang terdengar padu saat dimainkan bersama. Dalam lagu dengan sekumpulan nada yang harmoni, tidak ada nada yang terdengar salah atau seakan salah tempat dan membuat paduannya menjadi tidak satu ketika keseluruhannya dimainkan bersamaan.

Tempo
Kecepatan ketukan atau biramanya. Nilai tempo dan kecepatan birama berbanding lurus. Semakin cepat birama nilai temponya juga akan semakin besar.

Dinamika
Nyaring lembutnya bunyi yang dapat dipergunakan untuk memunculkan sesan tertentu seperti kesan semangat, sedih, mengharukan, menyayat hati, dan masih banyak lagi.